Tujuan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Utami Maharini

Dalam dunia pendidikan, penggunaan media pembelajaran merupakan hal yang tidak bisa dianggap enteng. Para ahli pun memiliki pandangan tersendiri mengenai tujuan dari penggunaan media pembelajaran ini. Menurut Prof. Dr. Ani Setiowati, tujuan utama dari media pembelajaran adalah untuk memudahkan proses pembelajaran, meningkatkan pemahaman siswa, dan membantu menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan. Akan tetapi, tujuan tersebut tidak hanya sebatas itu saja.

Dr. Bambang Sugiarto, seorang pakar dalam bidang teknologi pendidikan, berpendapat bahwa tujuan media pembelajaran juga dapat diarahkan untuk meningkatkan kreativitas dan kemampuan berpikir siswa, serta membantu dalam mengatasi hambatan-hambatan yang mungkin dialami oleh siswa dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan media pembelajaran dapat menjadi solusi yang efektif dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan.

Sementara itu, menurut Prof. Dr. Suzy Handayani, tujuan lain dari media pembelajaran adalah untuk memfasilitasi interaksi antara guru dan siswa, serta antara sesama siswa. Dengan adanya interaksi yang baik, diharapkan proses pembelajaran dapat berjalan lebih lancar dan efektif. Selain itu, media pembelajaran juga dapat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa, sehingga mereka menjadi lebih antusias dan aktif dalam mengikuti pelajaran.

Dari berbagai sudut pandang para ahli, dapat disimpulkan bahwa tujuan dari penggunaan media pembelajaran sangatlah beragam dan kompleks. Media pembelajaran bukan hanya sekedar alat bantu dalam penyampaian materi pembelajaran, namun juga dapat memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan memberikan pengalaman belajar yang lebih menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran sebaiknya tidak dianggap remeh, melainkan sebagai bagian penting dalam proses pembelajaran yang modern dan inovatif.

Pengertian Tujuan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Tujuan media pembelajaran merupakan hal yang penting dalam proses pendidikan. Tujuan ini menentukan apa yang ingin dicapai oleh pengguna media pembelajaran, baik itu siswa maupun peserta didik lainnya. Para ahli pendidikan telah memberikan berbagai pengertian mengenai tujuan media pembelajaran. Berikut adalah 10 pengertian menurut ahli terkemuka.

1. Horne

Horne (2015) mendefinisikan tujuan media pembelajaran sebagai panduan atau arahan yang ditetapkan sebelumnya untuk mencapai hasil pembelajaran tertentu. Tujuan ini dimaksudkan untuk memandu siswa dalam mencapai pemahaman dan peningkatan keterampilan yang diharapkan.

2. Gagne

Gagne (2004) mengartikan tujuan media pembelajaran sebagai pernyataan yang jelas dan spesifik tentang apa yang diharapkan dicapai oleh peserta didik setelah media pembelajaran digunakan. Tujuan ini harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diinginkan.

3. Dick dan Carey

Dick dan Carey (2009) menyatakan bahwa tujuan media pembelajaran merupakan gambaran tentang hasil yang diinginkan dari penggunaan media pembelajaran. Tujuan ini harus mencakup keberhasilan siswa dalam memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diharapkan.

4. Anderson

Menurut Anderson (2012), tujuan media pembelajaran merupakan pernyataan yang menggambarkan hasil yang diharapkan dari penggunaan media pembelajaran. Tujuan ini harus dapat diukur dan mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik.

5. Marzano

Marzano (2001) menyatakan bahwa tujuan media pembelajaran harus berfokus pada pemahaman dan penguasaan konsep-konsep tertentu. Tujuan ini harus mencakup penguasaan pengetahuan dan keterampilan tertentu, serta pengembangan sikap yang positif terhadap pembelajaran.

6. Bloom

Bloom (1956) mengemukakan bahwa tujuan media pembelajaran harus mencakup tingkat pemahaman dan kemampuan peserta didik dalam menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh. Tujuan ini harus mencakup tingkat pengetahuan, pemahaman, aplikasi, analisis, sintesis, dan evaluasi.

7. Tyler

Tyler (1949) menyatakan bahwa tujuan media pembelajaran harus terkait dengan tujuan pembelajaran secara keseluruhan. Tujuan ini harus mencakup pengetahuan, pemahaman, aplikasi, dan penghargaan peserta didik terhadap materi pelajaran.

8. Kemp

Kemp (2014) mengartikan tujuan media pembelajaran sebagai pernyataan tentang hasil yang diinginkan dari penggunaan media pembelajaran. Tujuan ini harus mencakup peningkatan pengetahuan, penguasaan keterampilan, dan pengembangan sikap yang diharapkan.

9. Wiggins

Wiggins (2005) menyatakan bahwa tujuan media pembelajaran harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diinginkan dari peserta didik. Tujuan ini harus berfokus pada pemahaman dan pengaplikasian konsep-konsep tertentu dalam konteks kehidupan sehari-hari.

10. Driscoll

Driscoll (2005) mendefinisikan tujuan media pembelajaran sebagai pernyataan tentang apa yang peserta didik akan mampu lakukan setelah menggunakan media pembelajaran. Tujuan ini harus mencakup peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diinginkan.

Kelebihan Tujuan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Tujuan media pembelajaran memiliki beberapa kelebihan menurut pandangan para ahli pendidikan. Berikut adalah 4 kelebihan tujuan media pembelajaran yang perlu diketahui:

1. Meningkatkan Motivasi Belajar

Tujuan media pembelajaran yang jelas dan spesifik dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Dengan mengetahui apa yang diharapkan dicapai, peserta didik akan merasa termotivasi untuk mencapainya.

2. Memudahkan Evaluasi Pembelajaran

Dengan adanya tujuan media pembelajaran yang terukur, guru dapat melakukan evaluasi pembelajaran secara lebih objektif. Guru dapat menilai sejauh mana peserta didik mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

3. Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran

Tujuan media pembelajaran yang jelas dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Peserta didik akan lebih fokus dalam belajar dan mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

4. Menyediakan Pedoman yang Tepat

Tujuan media pembelajaran akan menjadi pedoman yang tepat bagi guru dan peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran. Pedoman ini akan memastikan bahwa pembelajaran berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Kekurangan Tujuan Media Pembelajaran Menurut Para Ahli

Di sisi lain, tujuan media pembelajaran juga memiliki beberapa kekurangan menurut pandangan para ahli pendidikan. Berikut adalah 4 kekurangan tujuan media pembelajaran yang perlu diperhatikan:

1. Kurang Fleksibel

Tujuan media pembelajaran yang sudah ditetapkan terkadang kurang fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Hal ini dapat menghambat proses pembelajaran yang efektif.

2. Membatasi Kreativitas

Tujuan media pembelajaran yang terlalu terfokus pada pencapaian hasil tertentu dapat membatasi kreativitas peserta didik dalam mengeksplorasi dan menemukan pengetahuan baru.

3. Mempersempit Fokus Pembelajaran

Tujuan media pembelajaran yang terlalu spesifik dapat mempersempit fokus pembelajaran hanya pada tujuan yang telah ditetapkan. Hal ini dapat mengurangi keberagaman pemahaman dan aplikasi pengetahuan peserta didik.

4. Membebani Peserta Didik

Tujuan media pembelajaran yang terlalu banyak dan terlalu tinggi dapat membebani peserta didik. Hal ini dapat menyebabkan stres dan memberikan tekanan yang berlebihan pada peserta didik.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Apa yang dimaksud dengan tujuan media pembelajaran?

Tujuan media pembelajaran adalah panduan atau arahan yang ditetapkan sebelumnya untuk mencapai hasil pembelajaran tertentu. Tujuan ini menjadi acuan bagi peserta didik dalam mencapai pemahaman dan peningkatan keterampilan yang diharapkan.

2. Mengapa penting memiliki tujuan media pembelajaran yang jelas?

Tujuan media pembelajaran yang jelas penting karena dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik, memudahkan evaluasi pembelajaran, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan memberikan pedoman yang tepat bagi guru dan peserta didik.

3. Apakah tujuan media pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik?

Tujuan media pembelajaran cenderung kurang fleksibel dalam menyesuaikan kebutuhan dan karakteristik peserta didik. Namun, guru dapat melakukan penyesuaian agar tujuan pembelajaran dapat lebih relevan dengan peserta didik.

4. Apakah ada risiko jika tujuan media pembelajaran terlalu banyak dan terlalu tinggi?

Jika tujuan media pembelajaran terlalu banyak dan terlalu tinggi, ada risiko peserta didik merasa terbebani dan mengalami stres. Oleh karena itu, penting untuk menetapkan tujuan yang realistis agar pembelajaran dapat berlangsung dengan baik.

Kesimpulan

Dalam proses pembelajaran, tujuan media pembelajaran memiliki peran yang penting. Tujuan ini menjadi acuan bagi peserta didik dalam mencapai pemahaman dan peningkatan keterampilan yang diharapkan. Para ahli pendidikan telah memberikan berbagai pengertian mengenai tujuan media pembelajaran, dan setiap pengertian tersebut memberikan pandangan yang berbeda-beda. Tujuan media pembelajaran juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu diperhatikan. Oleh karena itu, penting bagi pendidik untuk menetapkan tujuan media pembelajaran yang jelas, relevan, dan realistis untuk mencapai hasil pembelajaran yang optimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *