Wisata  

Ranu Kumbolo, Pesona Danau Indah di Bawah Kaki Gunung Semeru

Avatar
Ranu Kumbolo
Foto Ranu Kumbolo

Viktolia – Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau indah yang terletak di bawah kaki Gunung Semeru. Karena keindahannya, danau ini sempat dijadikan sebagai latar pembuatan film 5 CM.

Di kalangan para pendaki, nama Ranu Kumbolo mungkin tidak akan terdengar asing lagi. Karena saat melakukan pendakian ke Gunung Semeru, banyak dari mereka sering mendirikan tenda untuk camping sembari menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa.

Berada pada ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut, udara yang ada di sekitar danau ini memang terasa begitu sejuk, terutama pada saat pagi hari.

Jadi, bagi kamu semua yang sedang memiliki beban pikiran dan berbagai macam masalah dalam hidup, coba deh datang ke Ranu Kumbolo untuk menenangkan pikiran agar jernih kembali.

Dalam silsilah katanya, kata Ranu berasal dari Bahasa Kawi yang memiliki arti danau. Karena selain Ranu Kumbolo, terdapat danau-danau lainnya yang lokasinya tidak terlalu berjauhan, seperti: Ranu Tompe, Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Darunga.

Lokasi

Ranu Kumbolo
Foto Ranu Kumbolo

Tempat wisata ini berlokasi di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur atau lebih tepatnya berada di kawasan Taman Nasional Boromo Tengger Semeru.

Untuk bisa sampai ke danau ini, tentu kamu harus berusaha keras dengan melalui medan perjalanan yang terbilang cukup menantang.

Meskipun demikian, rasa lelah akan terbayar saat kamu sampai di danau ini. Kamu juga bisa mendirikan tenda bersama dengan teman-teman untuk menikmati keindahan alam yang ada di sekitar danau.

Rute Menuju Ranu Kumbolo

Jika kamu tertarik untuk berkunjung, kamu bisa memulai perjalanan menuju Pasar Tumpang dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi online seperti Gojek atau Grab.

Setibanya di Pasar Tumpang, kamu bisa melanjutkan perjalanan menuju Ranu Pani. Untuk estimasi waktu tempuhnya kurang lebih 1,5 jam.

Perjalanan menuju Ranu Pani memang agak sulit. Karena kamu harus melalui jalur yang berkelok dan menanjak. Jalurnya pun tidak terlalu lebar. Jadi, kamu harus berhati-hati saat melaluinya.

Jika kamu menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa memarkirkan kendaraan yang kamu bawa di sekitar Desa Ranu Pani.

Baca Juga : 10 Tempat Wisata di Bandung Paling Hits dan Terkenal

Jam Buka

Ranu Kumbolo
Foto Ranu Kumbolo

Tempat wisata ini buka setiap hari selama 24 jam full. Jadi, kamu bisa berkunjung kapan saja tanpa khawatir terhalang oleh masalah waktu.

Terutama jika kamu ingin melakukan camping. Kamu bisa melakukannya pada saat malam hari bersama dengan keluarga ataupun teman-teman.

Harga Tiket Masuk

Untuk harga tiket masuknya pun terbilang cukup terjangkau, namun dibedakan berdasarkan dengan waktu kunjungan. Dan berikut daftar harga tiket masuk ke Ranu Kumbolo.

  • Hari Biasa : Rp.19.000,-/Orang
  • Weekend/Hari Libur Nasional : Rp.24.000,-/Orang
  • Tarif Sewa Jeep Sekali Jalan : Rp.650.000,-

Fasilitas

Untuk menunjang kenyamanan wisatawan yang datang berkunjung, pihak pengelola telah menyediakan beberapa fasilitas. Namun, fasilitas yang ada di tempat wisata ini memang tidak begitu lengkap.

Pihak pengelola hanya menyediakan toilet umum dan warung untuk tempat membeli makanan. Terdapat pula tempat untuk menyewa tenda dan juga pemandu wisata yang bisa kamu gunakan jika dibutuhkan.

Trekking Menuju Ranu Kumbolo

Ranu Kumbolo
Foto Ranu Kumbolo

Sejak dulu hingga saat ini, Gunung Semeru memang menjadi lokasi yang sangat difavoritkan bagi para pendaki. Hal ini karena gunung tersebut memiliki danau yang sangat indah.

Di danau tersebut, para pendaki bisa mendirikan tenda untuk camping sembari menikmati keindahan alam yang ada di sekitar.

Tidak hanya itu saja, perjalanan menuju Ranu Kumbolo juga tidak begitu sulit karena jalurnya sudah ditata dengan sangat baik oleh pihak pengelola.

Saat akan menuju Ranu Kumbolo, kamu harus melewati 4 pos dengan jarak dan waktu tempuh yang berbeda-beda. Untuk menuju pos 1, kamu membutuhkan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Setelah sampai di pos 1, kamu harus menuju pos 2 dengan waktu tempuh sekitar 20 menit. Dilanjutkan dengan menuju pos 3 dengan waktu tempuh sekitar 45 menit dan diakhiri dengan menuju pos 4 dengan waktu sekitar 45 menit. Setelah itu, kamu sudah sampai di lokasi utama Ranu Kumbolo.

Saat melewati pos, kamu juga tidak perlu khawatir. Karena di setiap pos terdapat toilet dan warung-warung yang bisa kamu gunakan untuk tempat beristirahat sejenak.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Paling Hits dan Populer

Penutup

Itulah sekilas ulasan tentang Ranu Kumbolo, sebuah danau indah yang ada di kaki Gunung Semeru beserta dengan lokasi, jam buka, harga tiket masuk, dan fasilitas yang disediakan.

Bagi kamu semua yang sedang merencanakan perjalanan liburan, mengunjungi Ranu Kumbolo mungkin bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *