Berita  

Promosi Pariwisata Indonesia di Jepang, KBRI Tokyo & Garuda Indonesia Gelar Travel Fair 2024

Avatar
Travel Fair 2024
Promosi Pariwisata Indonesia di Jepang, KBRI Tokyo & Garuda Indonesia Gelar Travel Fair 2024

Viktolia – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bekerja sama dengan Garuda Indonesia menggelar promosi seni, budaya dan pariwisata Indonesia dalam ‘KBRI Tokyo & Garuda Indonesia Travel Fair 2024’ di Gedung KBRI Tokyo, pada Kamis, 25 Januari 2024. Kegiatan dihadiri lebih dari 70 agen perjalanan, operator perjalanan, media, serta pelaku industri pariwisata Jepang lainnya.

Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KBRI Tokyo Meinarti Fauzie menjelaskan kegiatan ini untuk terus memperkuat citra Indonesia sebagai destinasi wisata pilihan warga Jepang.

“Indonesia, dengan bentang alam yang menakjubkan, warisan budaya yang kaya, dan keramahtamahannya, selalu menjadi salah satu tujuan pilihan wisatawan mancanegara. Mulai dari keindahan pantai di Bali hingga cantiknya hutan hujan di Sumatera, dari kemegahan Candi Borobudur hingga pesona Jakarta yang semarak. Acara Travel Fair ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi agen perjalanan, operator perjalanan, dan calon wisatawan Jepang untuk lebih mengenal dan memperkuat minat wisata ke Indonesia,” ujar Meinarti Fauzie yang didampingi Diplomat Muda Lodya Habsanthiara Mone dan Mukti Romadona Setianto.

“Sebagai bagian dari Indonesia Incorporated, KBRI Tokyo dan Garuda Indonesia Tokyo konsisten melakukan kolaborasi promosi pariwisata, budaya, dan ekonomi kreatif Indonesia. Di antaranya di Oktober 2023 kami menyelenggarakan Hari Kebudayaan dan Pariwisata Manado 2023 untuk mempromosikan salah satu destinasi super prioritas Indonesia yaitu Likupang,” tambahnya.

Kepada para tamu undangan, Garuda Indonesia Tokyo memberikan informasi seputar rute penerbangan Garuda dan paparan potensi kerja sama wisata super prioritas di Indonesia.

“Acara Travel Fair ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Garuda Indonesia yang ke-75. Di Jepang, kami ingin terus menjadi penghubung dan penguat hubungan antara masyarakat Indonesia dan Jepang. Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengajak warga Jepang untuk berkunjung ke Indonesia dengan Garuda,” terang Deputy General Manager Garuda Indonesia Tokyo Carina Megarani.

KBRI Tokyo – Garuda Indonesia Travel Fair 2024 ini dimeriahkan oleh penampilan kesenian tradisional Indonesia Tari Cendrawasih dari Bali dan Tortor Batak Dance oleh grup Nusantara Indonesia. Di akhir acara para tamu undangan masing-masing mendapatkan omiyage (suvenir) spesial dari KBRI Tokyo berupa paket tumpeng mini.

Jepang merupakan salah satu sumber wisatawan mancanegara Indonesia, khususnya untuk wilayah Bali. Data Badan Pusat Statistik mencatat sebelum pandemi pada 2019, kunjungan wisatawan Jepang ke Indonesia mencapai 519.623 orang. Sedangkan saat pandemi pada 2021 kunjungan wisatawan Jepang hanya 5.952 orang. Pada 2023 total jumlah warga negara Jepang yang berlibur ke Indonesia hingga November mencapai 228.117 orang.

Dalam upaya menggairahkan pariwisata ke Indonesia di 2023 telah dibuka penerbangan Garuda Indonesia, Tokyo – Denpasar serta penerbangan dengan transit di Manado.

Penerbangan ini diharapkan dapat terus meningkatkan jumlah wisatawan Jepang ke Indonesia. Saat ini Garuda Indonesia melayani penerbangan Narita – Denpasar setiap hari dan Haneda – Jakarta 4 kali tiap pekannya. Garuda Indonesia juga merencanakan akan menambah frekuensi rute Haneda – Jakarta menjadi setiap hari pada akhir Maret 2024.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *