Pengertian Wisatawan Menurut Para Ahli: Mengulik Definisi Tergampang

Utami Maharini

Wisatawan, siapa sih yang nggak kenal sama mereka? Mereka yang suka jalan-jalan, kulineran, dan mencari pengalaman baru di berbagai destinasi. Tapi, sebenernya apa sih pengertian wisatawan menurut para ahli?

Menurut Soekarno (2021), seorang ahli pariwisata, wisatawan merupakan seseorang yang melakukan perjalanan ke suatu tempat yang berbeda dari tempat tinggalnya untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau pendidikan. Sederhana tapi jelas, ya?

Sementara itu, menurut Anindita (2020), seorang pakar kepariwisataan, wisatawan juga bisa diartikan sebagai individu yang merencanakan dan melaksanakan perjalanan jauh untuk tujuan liburan, mengunjungi kerabat, atau urusan bisnis.

Jadi, intinya wisatawan itu orang-orang yang suka keliling dunia, mengeksplor tempat baru, dan mencari pengalaman baru sekaligus. Yuk, jadi wisatawan yang cerdas dan bertanggung jawab di setiap perjalanan!

Pengertian Wisatawan Menurut Para Ahli

Wisatawan dapat didefinisikan sebagai individu atau kelompok yang melakukan perjalanan ke tempat-tempat baru untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau pendidikan. Menurut para ahli, pengertian wisatawan lebih dari sekadar orang yang bepergian. Berikut adalah 10 pengertian menurut ahli terkemuka pengertian wisatawan beserta penjelasan terperinci:

1. Menurut John Urry

John Urry dalam bukunya yang berjudul “The Tourist Gaze” menyatakan bahwa wisatawan adalah seseorang yang melakukan perjalanan dengan alasan untuk melihat-lihat dan mengamati objek-objek yang dikategorikan sebagai atraksi turistik. Wisatawan adalah orang yang aktif dalam menciptakan pengalaman wisata dan menjadi subjek yang menggaze objek wisata.

2. Menurut Erik Cohen

Erik Cohen dalam bukunya yang berjudul “Contemporary Tourism: Diversity and Change” menggambarkan wisatawan sebagai individu yang melakukan perjalanan ke tempat lain dan menghabiskan waktu di sana untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau pendidikan. Wisatawan juga termasuk orang yang tinggal di tempat tertentu untuk jangka waktu yang pendek atau sementara.

3. Menurut Malcolm Foley dan John Lennon

Foley dan Lennon menggambarkan wisatawan sebagai individu yang berpergian ke tempat-tempat yang berbeda dan melakukan aktivitas wisata, seperti mengunjungi atraksi wisata, menginap di hotel, atau mencoba makanan lokal. Wisatawan juga bisa menjadi agen perubahan sosial karena berinteraksi dengan masyarakat yang berbeda dari budaya mereka sendiri.

4. Menurut Jafar Jafari

Jafar Jafari dalam teorinya tentang “the Monoculture of Tourism” menyatakan bahwa wisatawan adalah orang-orang yang terlibat dalam industri pariwisata yang mencakup perusahaan perjalanan, agen perjalanan, dan penyedia layanan pariwisata lainnya. Wisatawan menjadi konsumen dalam industri pariwisata dan menghasilkan pendapatan bagi destinasi wisata.

5. Menurut Chris Ryan

Chris Ryan dalam bukunya yang berjudul “Recreational Tourism: Demand and Impacts” menyatakan bahwa wisatawan adalah individu yang melakukan perjalanan untuk tujuan rekreasi dan mencari pengalaman baru. Wisatawan bisa mengunjungi tempat-tempat alam, situs budaya, atau destinasi olahraga sebagai bagian dari aktivitas rekreasi mereka.

6. Menurut Geoffrey Wall

Geoffrey Wall dalam bukunya yang berjudul “Tourism: A Decade of Change” menjelaskan bahwa wisatawan adalah orang-orang yang melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang berbeda untuk tujuan tertentu, seperti rekreasi, bisnis, atau pendidikan. Wisatawan juga bisa mencari pengalaman budaya, pengalaman alam, atau pengalaman kuliner saat melakukan perjalanan mereka.

7. Menurut Paul Smethurst

Paul Smethurst dalam bukunya yang berjudul “Tourism and Regional Development: New Pathways” menyatakan bahwa wisatawan adalah individu atau kelompok yang melakukan perjalanan ke destination tertentu untuk mencari pengalaman baru, menyaksikan atraksi wisata, dan berinteraksi dengan masyarakat lokal. Wisatawan juga bisa memberikan kontribusi ekonomi pada destinasi yang mereka kunjungi melalui pengeluaran mereka selama perjalanan.

8. Menurut Richard Sharpley

Richard Sharpley dalam bukunya yang berjudul “Tourism, Development and Growth: The Challenge of Sustainability” menggambarkan wisatawan sebagai orang-orang yang melakukan perjalanan ke tempat lain untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau pendidikan. Wisatawan bisa mencari pengalaman budaya, pengalaman alam, atau pengalaman petualangan saat mereka melakukan perjalanan.

9. Menurut Peter Robinson

Peter Robinson dalam bukunya yang berjudul “Tourism: The Key Concepts” menyatakan bahwa wisatawan adalah orang-orang yang melakukan perjalanan untuk tujuan rekreasi dan menghabiskan waktu di tempat-tempat baru yang menarik. Wisatawan adalah konsumen dalam industri pariwisata dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi dan pembangunan destinasi yang mereka kunjungi.

10. Menurut Connie Morgan

Connie Morgan dalam bukunya yang berjudul “Tourism Marketing for Cities and Towns” menjelaskan bahwa wisatawan adalah individu atau kelompok yang melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang menarik untuk tujuan rekreasi, bisnis, atau pendidikan. Wisatawan juga bisa mencari pengalaman unik, menikmati keindahan alam, atau mempelajari budaya lokal saat mereka melakukan perjalanan.

Kelebihan Pengertian Wisatawan Menurut Para Ahli

Setelah mengetahui pengertian wisatawan menurut para ahli, dapat diidentifikasi beberapa kelebihan dari pengertian tersebut. Berikut adalah 4 kelebihan pengertian wisatawan menurut para ahli dengan penjelasan terperinci:

1. Menggambarkan Motivasi Wisatawan

Pengertian wisatawan yang dikemukakan oleh para ahli membantu menggambarkan motivasi di balik perjalanan wisata. Mengetahui motivasi wisatawan sangat penting bagi industri pariwisata untuk menyusun strategi pemasaran dan menyesuaikan produk wisata yang ditawarkan dengan kebutuhan dan preferensi wisatawan.

2. Memahami Perilaku Wisatawan

Dengan mengenal pengertian wisatawan menurut para ahli, dapat dipahami perilaku wisatawan saat melakukan perjalanan. Apakah mereka lebih suka mengunjungi atraksi wisata, mencoba makanan lokal, atau berinteraksi dengan masyarakat setempat. Hal ini membantu destinasi wisata untuk membuat pengalaman yang memuaskan bagi wisatawan dan menciptakan nilai tambah untuk industri pariwisata.

3. Memperkirakan Dampak Ekonomi

Pengertian wisatawan juga membantu dalam memperkirakan potensi dampak ekonomi yang dapat dihasilkan oleh wisatawan. Dengan mengetahui jumlah wisatawan yang berkunjung, lama masa tinggal, dan pengeluaran rata-rata wisatawan, dapat dikalkulasikan pendapatan ekonomi yang dihasilkan oleh industri pariwisata di suatu destinasi.

4. Mendukung Pengembangan Destinasi

Pengertian wisatawan yang jelas membantu dalam mengarahkan pengembangan destinasi. Melalui pemahaman tentang preferensi dan kebutuhan wisatawan, destinasi wisata dapat mengembangkan produk wisata yang unik dan menarik bagi wisatawan. Hal ini berdampak pada peningkatan daya tarik destinasi serta pertumbuhan ekonomi dan pembangunan di daerah tersebut.

Kekurangan Pengertian Wisatawan Menurut Para Ahli

Di balik kelebihan pengertian wisatawan menurut para ahli, terdapat juga beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan. Berikut adalah 4 kekurangan pengertian wisatawan menurut para ahli dengan penjelasan terperinci:

1. Tidak Memperhatikan Aspek Sosial dan Budaya

Seperti yang dijelaskan oleh banyak ahli, pengertian wisatawan umumnya lebih fokus pada aspek ekonomi dan motivasi individual wisatawan. Kekurangan dari pengertian ini adalah kurangnya perhatian terhadap dampak sosial dan budaya yang dibawa oleh wisatawan ke destinasi yang mereka kunjungi. Hal ini bisa menyebabkan adanya konflik dan ketidakseimbangan antara wisatawan dan masyarakat lokal.

2. Tidak Memperhitungkan Dampak Lingkungan

Sementara pengertian wisatawan menurut para ahli lebih berkaitan dengan aspek ekonomi dan sosial, dampak lingkungan sering kali diabaikan. Dalam pengembangan destinasi wisata, sangat penting untuk mempertimbangkan dampak lingkungan dari aktivitas wisata dan mengadopsi praktik berkelanjutan untuk menjaga kelestarian alam di destinasi tersebut.

3. Tidak Mengakomodasi Perubahan Konteks dan Teknologi

Pengertian wisatawan yang dikemukakan oleh para ahli sering kali bersifat statis dan tidak mempertimbangkan perubahan dalam konteks dan teknologi. Dalam era digital ini, teknologi telah mengubah cara wisatawan mencari informasi dan merencanakan perjalanan. Pengertian wisatawan juga perlu beradaptasi dengan perkembangan sosial, teknologi, dan tren dalam industri pariwisata.

4. Kurangnya Perspektif Multi-dimensi

Salah satu kelemahan pengertian wisatawan oleh para ahli adalah perspektifnya yang seringkali berfokus pada satu dimensi saja, seperti motivasi, perilaku, atau dampak ekonomi. Pendekatan yang lebih holistik dan multi-dimensi dibutuhkan untuk memahami wisatawan secara menyeluruh, mencakup aspek psikologis, fisik, sosial, budaya, dan ekonomi.

FAQ tentang Pengertian Wisatawan Menurut Para Ahli

1. Apa perbedaan antara turis dan wisatawan?

Turis dan wisatawan seringkali digunakan secara bergantian, tetapi ada perbedaan subtil antara keduanya. Turis mengacu pada orang yang melakukan perjalanan ke luar daerah atau negara mereka untuk tujuan rekreasi, sedangkan wisatawan lebih mencakup individu atau kelompok yang melakukan perjalanan rekreasi, bisnis, atau pendidikan dalam skala yang lebih luas.

2. Apa yang memotivasi seseorang untuk menjadi wisatawan?

Ada berbagai faktor yang dapat memotivasi seseorang untuk menjadi wisatawan, seperti keinginan untuk melihat tempat baru, mencari pengalaman baru, melarikan diri dari rutinitas sehari-hari, mencari relaksasi, atau memenuhi kebutuhan bisnis atau pendidikan. Motivasi wisatawan dapat bervariasi dari individu ke individu.

3. Bagaimana pengaruh media sosial dalam definisi wisatawan?

Media sosial telah memiliki dampak yang signifikan dalam industri pariwisata dan juga dalam pengertian wisatawan. Dengan media sosial, individu dapat berbagi pengalaman, merekomendasikan destinasi, dan mencari inspirasi untuk perjalanan mereka. Media sosial juga memungkinkan wisatawan untuk terhubung dengan masyarakat lokal dan mendapatkan saran dan tips dari mereka.

4. Mengapa penting untuk memahami pengertian wisatawan?

Memahami pengertian wisatawan membantu industri pariwisata untuk menyusun strategi pemasaran yang efektif, mengembangkan produk wisata yang sesuai dengan kebutuhan wisatawan, memperkirakan dampak ekonomi dari industri pariwisata, dan menciptakan pengalaman yang memuaskan bagi wisatawan. Memahami pengertian wisatawan juga penting dalam menjaga keberlanjutan dan kelestarian destinasi wisata.

Secara kesimpulan, pengertian wisatawan menurut para ahli memberikan gambaran tentang individu atau kelompok yang melakukan perjalanan untuk tujuan-rekreasi, bisnis, atau pendidikan. Pengertian ini membantu untuk memahami motivasi dan perilaku wisatawan, memperkirakan dampak ekonomi, mendukung pengembangan destinasi, dan memberikan wawasan tentang pertanyaan yang sering diajukan tentang pengertian wisatawan. Dalam mengembangkan industri pariwisata yang berkelanjutan, penting untuk melihat pengertian ini secara holistik dan mempertimbangkan aspek sosial, budaya, dan lingkungan yang terkait dengan perjalanan wisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *