Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Utami Maharini

Menyusun strategi pembelajaran bukanlah tugas yang mudah. Para ahli pendidikan sepakat bahwa strategi pembelajaran adalah langkah yang direncanakan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif. Menurut Prof. Dr. John Hattie, strategi pembelajaran adalah metode yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa belajar dengan lebih baik. Sedangkan menurut Prof. Dr. Anita Woolfolk, strategi pembelajaran adalah cara yang digunakan oleh guru untuk mengorganisir materi pembelajaran sehingga siswa dapat memahami dengan lebih mudah.

Tak hanya itu, Prof. Dr. Sugiyono juga memberikan pandangan bahwa strategi pembelajaran adalah langkah-langkah yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Selain itu, Prof. Dr. Suparno juga menambahkan bahwa strategi pembelajaran adalah cara atau tindakan yang dilakukan oleh guru untuk membantu siswa dalam memahami materi pelajaran dengan lebih baik.

Dengan berbagai pandangan tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran adalah langkah-langkah yang direncanakan oleh guru untuk membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran dengan lebih efektif dan efisien. Artinya, strategi pembelajaran merupakan kunci utama dalam proses pembelajaran yang berhasil dan berkualitas.

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

Strategi pembelajaran merupakan suatu rencana atau pola sistematis yang digunakan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran. Strategi ini mendefinisikan bagaimana informasi akan disampaikan, bagaimana siswa akan terlibat dalam kegiatan belajar, dan bagaimana penilaian akan dilakukan. Dalam konteks pendidikan, strategi pembelajaran berperan penting dalam meningkatkan efektivitas proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Pengertian Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli:

1. David A. Sousa

Menurut Sousa, strategi pembelajaran adalah metode-metode yang digunakan untuk menciptakan lingkungan belajar yang memungkinkan otak siswa untuk merespons dengan baik terhadap pelajaran yang diberikan. Dalam strategi ini, guru harus mempertimbangkan perbedaan kemampuan dan kebutuhan siswa serta memanfaatkan berbagai metode pengajaran yang sesuai dengan gaya belajar individu.

2. Robert J. Marzano

Marzano menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah segala taktik dan metode yang digunakan oleh guru untuk mengajar dengan efektif. Strategi ini melibatkan proses pengorganisasian informasi, interaksi aktif antara siswa dan materi pelajaran, serta dengan sesama siswa, sehingga membantu siswa untuk memahami dan mengingat konsep-konsep yang diajarkan.

3. Gabriella Innocenti Perata

Menurut Perata, strategi pembelajaran adalah seperangkat pendekatan atau metode yang digunakan oleh guru untuk membantu siswa belajar dengan cara yang efektif dan nyaman. Strategi ini melibatkan pemberian tugas-tugas yang menarik, penggunaan media yang relevan, serta memberikan umpan balik yang konstruktif kepada siswa.

4. Leslie Owen Wilson

Wilson menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah kombinasi pendekatan, metode, teknik, dan alat yang digunakan oleh guru untuk mengajar dengan tujuan agar siswa dapat mengembangkan pemahaman yang mendalam terhadap materi pelajaran. Strategi ini mengacu pada berbagai kegiatan pengajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses belajar-mengajar.

5. Betty Roe

Menurut Roe, strategi pembelajaran adalah serangkaian langkah yang diambil oleh guru untuk mengorganisir materi pelajaran, menentukan cara pengajaran yang tepat, dan menyediakan sumber daya yang diperlukan untuk meningkatkan pemahaman siswa. Strategi ini melibatkan penggunaan berbagai metode dan teknik yang sesuai dengan karakteristik siswa.

6. Marcy P. Driscoll

Driscoll menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah konsep dan model mental yang digunakan oleh guru untuk merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran. Strategi ini melibatkan pemilihan metode pengajaran yang sesuai, penggunaan media pembelajaran yang efektif, serta pengorganisasian kelas yang memfasilitasi kegiatan belajar siswa.

7. B.S. Bloom

Bloom menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah serangkaian prosedur atau tindakan yang digunakan oleh guru untuk mengorganisir informasi dalam tugas belajar yang lebih kecil dan terarah. Strategi ini membantu siswa dalam pemahaman konsep, pengembangan keterampilan, dan penggunaan pengetahuan dalam konteks nyata.

8. Charles E. Cotten

Menurut Cotten, strategi pembelajaran adalah metode pengajaran yang menyediakan struktur dan relevansi bagi siswa. Strategi ini melibatkan pengorganisasian pembelajaran berdasarkan tujuan, penyusunan materi yang terstruktur, dan penggunaan pendekatan yang mendorong partisipasi siswa dalam proses belajar.

9. Anita Woolfolk

Woolfolk menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah kombinasi metode pengajaran yang direncanakan dan disusun dengan baik untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Strategi ini melibatkan pemilihan metode, penggunaan media, serta penyesuaian metode pengajaran sesuai dengan karakteristik siswa.

10. Dieterich Plato

Menurut Plato, strategi pembelajaran adalah rencana pendidikan yang dirancang oleh guru untuk memfasilitasi belajar efektif dan efisien bagi siswa. Strategi ini melibatkan penggunaan berbagai metode dan teknik yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta konteks pengajaran.

Kelebihan Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

  1. Menstimulasi Keterlibatan Siswa

    Strategi pembelajaran yang efektif dapat mendorong keterlibatan siswa dalam proses belajar-mengajar. Dengan melibatkan siswa secara aktif, guru dapat meningkatkan motivasi siswa, membantu mereka memahami konsep yang diajarkan, dan mengembangkan keterampilan berpikir yang kritis.

  2. Mengakomodasi Keberagaman Siswa

    Melalui strategi pembelajaran yang beragam, guru dapat mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda. Dengan memahami gaya belajar individu dan menerapkan metode yang sesuai, guru dapat membantu setiap siswa mencapai potensi maksimalnya.

  3. Meningkatkan Pemahaman Konsep

    Strategi pembelajaran yang efektif membantu siswa dalam memahami dan mengingat konsep-konsep yang diajarkan. Melalui pendekatan yang interaktif dan penggunaan media yang relevan, guru dapat memudahkan siswa untuk memahami materi pelajaran secara lebih mendalam.

  4. Mendorong Kolaborasi dan Interaksi Sosial

    Beberapa strategi pembelajaran melibatkan siswa dalam kolaborasi dan interaksi sosial. Melalui kerja kelompok atau diskusi kelas, siswa dapat belajar secara aktif dari teman sebaya, mengasah keterampilan kerjasama, dan mengembangkan pemahaman yang lebih baik melalui perspektif yang berbeda.

Kekurangan Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

  1. Membutuhkan Persiapan yang Lebih Intensif

    Beberapa strategi pembelajaran membutuhkan persiapan yang lebih intensif dari guru. Menentukan materi yang relevan, merancang aktivitas yang menarik, dan mempersiapkan media pembelajaran yang sesuai membutuhkan waktu dan usaha yang lebih besar dari guru.

  2. Meningkatkan Beban Kerja Guru

    Dengan menerapkan strategi pembelajaran yang berbeda, guru perlu memperhatikan kebutuhan belajar setiap siswa secara individual. Hal ini dapat meningkatkan beban kerja guru dalam menyusun dan mengelola materi pembelajaran yang lebih kompleks.

  3. Menghadapi Kendala Teknis

    Penggunaan media dan teknologi dalam strategi pembelajaran dapat menghadapi kendala teknis. Masalah koneksi internet, kerusakan perangkat, atau keterbatasan akses dapat mengganggu kelancaran proses pembelajaran.

  4. Mengharuskan Penyesuaian dengan Konteks

    Setiap kelas memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga strategi pembelajaran perlu disesuaikan dengan konteks yang ada. Guru harus mempertimbangkan kondisi kelas, tingkat pemahaman siswa, serta sumber daya yang tersedia untuk menciptakan strategi pembelajaran yang efektif.

Pertanyaan Umum tentang Strategi Pembelajaran Menurut Para Ahli

  1. Apa hubungan antara strategi pembelajaran dengan gaya belajar siswa?

    Strategi pembelajaran yang efektif harus mempertimbangkan gaya belajar siswa. Setiap siswa memiliki preferensi dan kecenderungan belajar yang berbeda, sehingga guru perlu menyediakan beragam metode pembelajaran yang dapat mengakomodasi gaya belajar individu.

  2. Bagaimana cara menentukan strategi pembelajaran yang sesuai untuk kelas?

    Menentukan strategi pembelajaran yang sesuai untuk kelas melibatkan pemahaman atas karakteristik siswa, tujuan pembelajaran, dan materi pelajaran yang akan diajarkan. Guru dapat mengobservasi kebutuhan belajar siswa, menggunakan instrumen penilaian, serta memperhatikan sumber daya yang tersedia dalam menentukan strategi pembelajaran yang paling efektif.

  3. Bagaimana manfaat kolaborasi dalam strategi pembelajaran?

    Kolaborasi dalam strategi pembelajaran dapat memberikan manfaat seperti peningkatan keterampilan sosial siswa, perspektif yang beragam dalam memahami materi pelajaran, serta peluang untuk belajar dari teman sebaya. Melalui kolaborasi, siswa dapat mengasah keterampilan kerjasama, pemecahan masalah, dan komunikasi.

  4. Apakah semua strategi pembelajaran cocok untuk setiap mata pelajaran?

    Tidak semua strategi pembelajaran cocok untuk setiap mata pelajaran. Setiap mata pelajaran memiliki karakteristik yang berbeda, sehingga strategi pembelajaran yang digunakan perlu disesuaikan. Guru perlu memahami jenis-jenis strategi pembelajaran yang sesuai untuk mata pelajaran tertentu sehingga materi pelajaran dapat dipahami dengan lebih efektif oleh siswa.

Kesimpulan:

Dalam upaya meningkatkan efektivitas proses pembelajaran, pemahaman terhadap strategi pembelajaran merupakan hal yang penting. Para ahli telah memberikan pengertian terperinci mengenai strategi pembelajaran, serta menyoroti kelebihan dan kekurangan yang terkait dengan penggunaannya. Dalam memilih strategi pembelajaran yang tepat, guru perlu mempertimbangkan keberagaman siswa, konteks pembelajaran, serta sumber daya yang tersedia. Dengan mengaplikasikan strategi pembelajaran yang sesuai, diharapkan siswa dapat aktif terlibat dalam proses pembelajaran, memahami konsep dengan lebih baik, dan mengembangkan keterampilan yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *