Pengertian Sistem Menurut Para Ahli dan Daftar Pustaka yang Perlu Kamu Ketahui!

Utami Maharini

Sistem, istilah yang sering kali kita dengar namun mungkin belum sepenuhnya kita pahami. Menurut para ahli, sistem dapat didefinisikan sebagai kumpulan elemen yang saling terkait dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan bersama.

Dalam buku “General System Theory: Foundations, Development, Applications” karya Ludwig von Bertalanffy, sistem dijelaskan sebagai entitas yang kompleks yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berhubungan dan berinteraksi secara bersama-sama.

Sementara itu, menurut Peter Checkland dalam bukunya “Systems Thinking, Systems Practice”, sistem adalah suatu konsep yang memandang dunia sebagai kumpulan hierarki sistem yang saling berkaitan.

Tak hanya itu, James C. Taylor dalam buku “The General System’s Problem Solver” memberikan definisi sistem sebagai suatu struktur yang terdiri dari elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan tertentu.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai definisi sistem menurut para ahli dan daftar pustaka yang perlu kamu ketahui, kamu bisa merujuk pada buku-buku tersebut. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai konsep sistem dalam berbagai aspek kehidupan!

Pengertian Sistem Menurut Para Ahli

Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai pengertian sistem menurut para ahli, perlu kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan sistem. Secara umum, sistem adalah kumpulan berbagai elemen yang saling terhubung dan berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan atau fungsi tertentu. Elemen-elemen ini dapat berupa manusia, mesin, dokumen, aturan, atau komponen lainnya yang saling berinteraksi dalam suatu lingkungan.

1. Pengertian Sistem menurut Ludwig von Bertalanffy

Ludwig von Bertalanffy merupakan seorang ahli biologi dan ilmu sosial asal Austria yang menekankan pentingnya pendekatan interdisipliner dalam memahami sistem. Menurut Bertalanffy, sistem adalah kumpulan elemen yang saling berinteraksi dan membentuk suatu kesatuan yang utuh. Ia juga mengemukakan prinsip dasar dalam sistem yaitu sistem memiliki batas-batas yang jelas, memiliki hierarki yang terorganisir, dan memiliki fitur-fitur karakteristik yang terdapat pada keseluruhan sistem.

2. Pengertian Sistem menurut Peter Checkland

Peter Checkland adalah seorang ilmuwan sistem asal Inggris yang mengembangkan metode Sistem Manajemen Sistem (SMS). Menurut Checkland, sistem adalah sebuah konstruksi manusia yang dibuat untuk memahami dan mempengaruhi dunia nyata. Ia juga menyoroti pentingnya memahami konteks dan tujuan dari sistem yang akan dibangun, serta peran pengguna dan pemilik sistem dalam prosesnya.

3. Pengertian Sistem menurut Daniel D. Galin

Dalam bidang teknologi informasi, Daniel D. Galin mengemukakan pengertian sistem melalui perspektif perangkat lunak. Menurut Galin, sistem adalah kumpulan program perangkat lunak yang saling berinteraksi dan bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Ia menekankan pentingnya analisis kebutuhan pengguna dan perancangan sistem yang modular, sehingga memudahkan pengembangan dan pemeliharaan berkelanjutan.

4. Pengertian Sistem menurut James A. O’Brien

James A. O’Brien adalah seorang ahli manajemen teknologi informasi yang menguatkan pentingnya aspek manajerial dalam memahami sistem. Menurut O’Brien, sistem adalah suatu cara terstruktur dan terencana untuk mengubah bahan-bahan masukan menjadi keluaran yang bernilai. Ia juga menekankan pentingnya pengelolaan sistem yang efektif dan efisien, serta pemahaman terhadap dampak sosial dan ekonomi dari sistem yang diterapkan.

5. Pengertian Sistem menurut Ludwig Lachmann

Ludwig Lachmann adalah seorang ahli ekonomi yang menitikberatkan pemahaman sistem dalam konteks pasar dan perubahan. Menurut Lachmann, sistem adalah suatu jaringan hubungan yang kompleks antara berbagai elemen dalam sistem ekonomi. Ia memiliki pandangan dinamis terhadap sistem, di mana sistem terus berubah dan beradaptasi sebagai respons terhadap perubahan lingkungan dan tuntutan pasar.

6. Pengertian Sistem menurut Karl Ludwig von Bertalanffy

Sama dengan Ludwig von Bertalanffy, Karl Ludwig von Bertalanffy juga merupakan seorang ahli biologi dan ilmu sosial asal Austria yang mengembangkan teori umum sistem. Menurut Karl Ludwig von Bertalanffy, sistem adalah suatu kesatuan yang kompleks yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi dan membentuk suatu tata hubungan. Ia juga mempertimbangkan aspek struktur dan fungsi dalam sistem.

7. Pengertian Sistem menurut Jeffrey A. Hoffer

Jeffrey A. Hoffer adalah seorang ahli sistem informasi yang menekankan pentingnya analisis dan desain sistem yang akurat. Menurut Hoffer, sistem adalah suatu kombinasi dari orang-orang, prosedur-prosedur, dan teknologi informasi yang saling terkait dan saling mendukung. Ia juga menyoroti pentingnya keberlanjutan pengembangan dan pemeliharaan sistem yang efisien dan efektif.

8. Pengertian Sistem menurut Harold Koontz

Harold Koontz adalah seorang ahli manajemen yang meninjau sistem dari perspektif manajerial. Menurut Koontz, sistem adalah kesatuan yang terdiri dari berbagai komponen yang saling berinteraksi dan membentuk suatu struktur dan pola tertentu. Ia menekankan pentingnya pemahaman terhadap kebutuhan dan tujuan organisasi dalam perancangan sistem yang efektif.

9. Pengertian Sistem menurut Ivan Cury

Ivan Cury adalah seorang ahli ilmu komputer yang mengembangkan pendekatan sistem untuk pemodelan dan analisis sistem. Menurut Cury, sistem adalah suatu konstruksi yang kompleks yang terdiri dari komponen-komponen yang saling berhubungan dalam suatu lingkungan. Ia juga menekankan pentingnya pemahaman terhadap interaksi dan dinamika antar komponen, serta peran manusia dalam sistem.

10. Pengertian Sistem menurut Murray Turoff

Murray Turoff adalah seorang ahli sistem informasi yang mengembangkan konsep sistem sosioteknis. Menurut Turoff, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari manusia dan teknologi yang saling berhubungan dalam suatu lingkungan sosial. Ia menyoroti pentingnya pemahaman terhadap interaksi dan peran manusia dalam sistem, serta dinamika sosial yang mempengaruhi sistem.

Daftar Pustaka

1. Bertalanffy, L. von. General System Theory: Foundations, Development, Applications. 1968.

2. Checkland, P. Systems Thinking, Systems Practice. 1999.

3. Galin, D. D. Software Quality: Concepts and Practice. 2004.

4. O’Brien, J. A. Management Information Systems. 2010.

5. Lachmann, L. From Mises to Shackle: An Essay on Austrian Economics and the Kaleidic Society. 2001.

6. Bertalanffy, K. L. von. An Outline of General System Theory. 2003.

7. Hoffer, J. A. Modern Systems Analysis and Design. 2012.

8. Koontz, H. and Weihrich, H. Essentials of Management. 2017.

9. Cury, I. A. Analysis and Design of Information Systems. 2011.

10. Turoff, M. The Design of a Multisocietal System. 1975.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *