Pengertian Sistem Informasi Bisnis Menurut Para Ahli

Utami Maharini

Daftar Isi

Sistem Informasi Bisnis atau yang biasa disingkat dengan SIB merupakan sebuah konsep yang tidak asing lagi di dunia bisnis saat ini. Menurut para ahli, Sistem Informasi Bisnis adalah suatu sistem yang menggunakan teknologi informasi untuk mendukung proses bisnis suatu organisasi.

Dalam bukunya yang berjudul “Management Information System”, Kenneth C. Laudon dan Jane P. Laudon menjelaskan bahwa Sistem Informasi Bisnis adalah kombinasi dari teknologi informasi dan prosedur bisnis yang membantu organisasi dalam melakukan kegiatan operasional mereka dengan lebih efisien dan efektif.

Sementara itu, menurut Turban, Rainer, dan Potter dalam buku “Introduction to Information Technology”, Sistem Informasi Bisnis merupakan sistem yang mengintegrasikan teknologi informasi, orang, dan prosedur bisnis untuk mendukung kebutuhan informasi organisasi.

Dari dua definisi tersebut, dapat disimpulkan bahwa Sistem Informasi Bisnis bukanlah sekadar sebuah sistem teknologi informasi, melainkan sebuah kesatuan yang terdiri dari teknologi informasi, proses bisnis, dan orang-orang yang bekerja di dalamnya untuk mencapai tujuan bisnis tertentu. Dengan adanya Sistem Informasi Bisnis yang baik, diharapkan suatu organisasi dapat meningkatkan kinerja dan daya saingnya di pasar.

Pengertian Sistem Informasi Bisnis Menurut Para Ahli

Sistem Informasi Bisnis (SIB) merupakan infrastruktur teknologi yang dirancang untuk membantu perusahaan dalam mengelola segala aspek bisnisnya. Sistem ini melibatkan penggunaan perangkat keras, perangkat lunak, infrastruktur jaringan, dan database untuk menyediakan informasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan bisnis. Para ahli telah memberikan berbagai pengertian tentang Sistem Informasi Bisnis yang dapat memberikan pemahaman yang lebih luas tentang konsep ini.

1. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut James A. O’Brien

Menurut James A. O’Brien, Sistem Informasi Bisnis adalah kombinasi antara teknologi informasi, orang-orang, dan prosedur bisnis yang menghasilkan keberhasilan perusahaan. SIB berperan sebagai alat yang mampu mendukung proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan distribusi informasi yang melibatkan semua level dan fungsi dalam organisasi.

2. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Kenneth C. Laudon dan Jane Price Laudon

Kenneth C. Laudon dan Jane Price Laudon mendefinisikan Sistem Informasi Bisnis sebagai kombinasi dari teknologi informasi, orang-orang, dan prosedur-prosedur bisnis untuk menciptakan solusi yang inovatif dalam mendukung kinerja bisnis dan memberikan nilai tambah yang signifikan kepada para stakeholder perusahaan.

3. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Raymond McLeod Jr. dan George P. Schell

Menurut Raymond McLeod Jr. dan George P. Schell, Sistem Informasi Bisnis adalah kombinasi dari teknologi, organisasi, dan orang lain yang diperlukan untuk mengumpulkan, mengolah, memelihara, dan menyebarkan informasi yang relevan untuk mendukung kebutuhan bisnis yang spesifik.

4. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Efraim Turban dan R. Kelly Rainer

Efraim Turban dan R. Kelly Rainer mendefinisikan Sistem Informasi Bisnis sebagai kombinasi dari kebijakan, prosedur, pengembangan organisasi, dan teknologi informasi yang saling berinteraksi untuk mendukung dan memfasilitasi pencapaian tujuan bisnis perusahaan.

5. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Jerry FitzGerald dan Alan Dennis

Jerry FitzGerald dan Alan Dennis mendeskripsikan Sistem Informasi Bisnis sebagai kombinasi antara teknologi informasi, sumber daya manusia, dan prosedur-prosedur bisnis yang saling berhubungan dan bekerja secara sinergis untuk mendukung keputusan bisnis yang tepat dan efisiensi operasional perusahaan.

6. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Effy Oz

Effy Oz memberikan pengertian Sistem Informasi Bisnis sebagai kombinasi dari komponen teknologi informasi, sumber daya manusia, serta tindakan dan keputusan dalam proses bisnis yang digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan menyebarkan informasi yang relevan dalam suatu organisasi.

7. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Gordon B. Davis dan Margrethe H. Olson

Menurut Gordon B. Davis dan Margrethe H. Olson, Sistem Informasi Bisnis adalah kombinasi antara teknologi informasi, manusia, dan kebijakan-kebijakan perusahaan yang terorganisir untuk mengumpulkan, mengolah, mengirimkan, dan menyimpan informasi yang diperlukan dalam operasional dan pengambilan keputusan bisnis perusahaan.

8. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Robert G. Murdick dan Joel E. Ross

Robert G. Murdick dan Joel E. Ross mengartikan Sistem Informasi Bisnis sebagai kombinasi antara teknologi informasi, manusia, dan prosedur-prosedur bisnis yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, memproses, dan mendistribusikan informasi yang relevan untuk mencapai tujuan bisnis yang ditetapkan.

9. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut George M. Marakas dan James A. O’Brien

George M. Marakas dan James A. O’Brien mendefinisikan Sistem Informasi Bisnis sebagai kombinasi antara teknologi informasi, proses bisnis, dan kemampuan manajerial yang diperlukan untuk mengumpulkan, menyimpan, memproses, dan membagikan informasi yang relevan dalam pengambilan keputusan bisnis.

10. Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut Ronald E. Giachetti

Menurut Ronald E. Giachetti, Sistem Informasi Bisnis adalah sistem yang terdiri dari teknologi informasi, prosedur-prosedur bisnis, dan kebijakan-kebijakan yang digunakan untuk mengumpulkan, mengelola, dan mendistribusikan informasi yang relevan untuk memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan.

Kelebihan Sistem Informasi Bisnis

1. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan adanya Sistem Informasi Bisnis, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi operasional yang meliputi proses pengumpulan, pengolahan, dan distribusi informasi dalam organisasi. Sistem ini dapat mengotomatiskan tugas-tugas rutin yang biasanya memakan waktu dan sumber daya manusia yang besar, sehingga memungkinkan karyawan fokus pada tugas-tugas yang membutuhkan keahlian khusus.

2. Mempercepat Pengambilan Keputusan

SIB menyediakan informasi yang siap pakai dan terintegrasi, sehingga memungkinkan manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan yang lebih cepat dan akurat. Dengan adanya sistem ini, manajemen dapat mengakses informasi secara real-time dan memperoleh analisis yang mendalam untuk mendukung pengambilan keputusan yang tepat.

3. Meningkatkan Koordinasi dan Kolaborasi

SIB memungkinkan berbagai departemen atau unit dalam perusahaan bekerja secara terintegrasi dan saling berkolaborasi dalam mengelola informasi bisnis. Hal ini dapat meningkatkan koordinasi antar bagian, mempermudah pertukaran informasi, dan mendukung proses kerja yang lebih efektif dan efisien.

4. Meningkatkan Keunggulan Kompetitif

Dengan adanya Sistem Informasi Bisnis yang canggih, perusahaan dapat mengembangkan keunggulan kompetitif. Sistem ini memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis data secara menyeluruh, melacak tren pasar, dan mengidentifikasi peluang bisnis baru. Dengan informasi yang akurat dan tepat waktu, perusahaan dapat merespons dengan cepat terhadap perubahan pasar dan mengambil langkah-langkah strategis yang tepat.

Kekurangan Sistem Informasi Bisnis

1. Biaya Implementasi yang Tinggi

Implementasi sistem informasi bisnis yang canggih dan kompleks membutuhkan biaya yang cukup besar. Perusahaan perlu mengeluarkan dana untuk membeli perangkat keras, perangkat lunak, pelatihan karyawan, dan mungkin juga harus melakukan perubahan pada infrastruktur jaringan. Hal ini dapat menjadi kendala bagi perusahaan kecil atau startup dengan sumber daya terbatas.

2. Tantangan Keamanan Data

Dalam menggunakan SIB, perusahaan harus menghadapi tantangan keamanan data. Informasi yang disimpan dalam sistem ini dapat menjadi target serangan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. Perusahaan harus mengambil langkah-langkah yang tepat dalam menjaga keamanan data, seperti penggunaan enkripsi, firewall, dan kebijakan keamanan yang ketat.

3. Ketergantungan pada Teknologi

SIB membutuhkan dukungan teknologi yang handal dan infrastruktur jaringan yang stabil. Jika terjadi masalah pada perangkat keras atau jaringan, dapat mengganggu kinerja sistem dan menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Perusahaan juga harus mengikuti perkembangan teknologi sehingga tidak tertinggal dan terus memiliki sistem yang mutakhir.

4. Kesulitan dalam Integrasi dengan Sistem yang Ada

Implementasi Sistem Informasi Bisnis yang baru sering kali membutuhkan integrasi dengan sistem yang sudah ada di perusahaan. Proses integrasi ini dapat menjadi kompleks dan rumit, terutama jika sistem yang ada telah berjalan dalam jangka waktu yang lama. Perusahaan perlu memastikan bahwa integrasi ini berjalan lancar dan tidak mengganggu operasional perusahaan.

FAQ tentang Sistem Informasi Bisnis

1. Apa perbedaan antara Sistem Informasi Bisnis dan Sistem Informasi Manajemen?

Sistem Informasi Bisnis adalah istilah yang lebih luas yang mencakup pengelolaan informasi yang diperlukan untuk pengambilan keputusan bisnis di semua level dan fungsi dalam perusahaan. Sedangkan Sistem Informasi Manajemen lebih fokus pada pengelolaan informasi yang digunakan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan strategis di tingkat eksekutif.

2. Apa keuntungan menggunakan Sistem Informasi Bisnis dalam proses pengambilan keputusan bisnis?

Keuntungan menggunakan Sistem Informasi Bisnis dalam pengambilan keputusan bisnis adalah mempercepat proses pengambilan keputusan, meningkatkan akurasi keputusan, meningkatkan efisiensi operasional, dan memberikan visibilitas yang lebih baik dalam kinerja bisnis perusahaan.

3. Apakah semua perusahaan membutuhkan Sistem Informasi Bisnis?

Tidak semua perusahaan membutuhkan Sistem Informasi Bisnis, terutama perusahaan kecil dengan operasional yang sederhana. Namun, dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan akan informasi yang akurat dan tepat waktu, semakin banyak perusahaan yang melihat pentingnya memiliki Sistem Informasi Bisnis untuk mengelola bisnis mereka dengan lebih efektif.

4. Bagaimana cara mengatasi tantangan keamanan data dalam penggunaan Sistem Informasi Bisnis?

Untuk mengatasi tantangan keamanan data dalam penggunaan Sistem Informasi Bisnis, perusahaan harus mengadopsi kebijakan keamanan yang ketat, menggunakan teknologi enkripsi data, memasang firewall yang kuat, dan melibatkan pihak ahli dalam manajemen keamanan informasi. Selain itu, perusahaan juga harus melakukan pelatihan kepada karyawan agar memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga keamanan data.

Kesimpulan

Dalam era digital yang serba cepat dan kompleks seperti sekarang, kebutuhan akan informasi yang akurat, relevan, dan tepat waktu sangat penting bagi kelangsungan bisnis perusahaan. Sistem Informasi Bisnis hadir untuk menjawab kebutuhan ini dengan menyediakan infrastruktur teknologi yang dapat mengelola informasi bisnis secara efisien dan efektif.

Pengertian Sistem Informasi Bisnis menurut para ahli memberikan gambaran yang lebih komprehensif tentang konsep ini. Para ahli telah menyebutkan bahwa Sistem Informasi Bisnis melibatkan teknologi informasi, proses bisnis, manusia, dan kebijakan-kebijakan dalam organisasi untuk menghasilkan solusi yang inovatif dalam mendukung pengambilan keputusan bisnis.

Sistem Informasi Bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan sebelum mengimplementasikannya. Di satu sisi, SIB dapat meningkatkan efisiensi operasional, mempercepat pengambilan keputusan, meningkatkan koordinasi dan kolaborasi antar departemen, serta memberikan keunggulan kompetitif. Namun, di sisi lain, perusahaan harus siap menghadapi biaya implementasi yang tinggi, tantangan keamanan data, ketergantungan pada teknologi, dan kesulitan integrasi dengan sistem yang sudah ada.

Dalam penggunaan Sistem Informasi Bisnis, perusahaan perlu memperhatikan kebijakan keamanan data, karena informasi bisnis merupakan aset yang berharga dan harus dilindungi dengan baik. Perusahaan juga harus memperhatikan perkembangan teknologi yang baru agar tetap bersaing dalam pasar yang semakin digital.

Dengan memahami konsep dan manfaat Sistem Informasi Bisnis, perusahaan dapat memanfaatkannya dengan baik untuk mendukung operasional dan pengambilan keputusan bisnis yang lebih efektif. Memiliki Sistem Informasi Bisnis yang terintegrasi dan efisien akan membantu perusahaan dalam menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di era digital ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *