Pengertian Perkantoran Menurut Para Ahli

Utami Maharini

Perkantoran, sebuah istilah yang sering kali kita dengar namun mungkin belum sepenuhnya kita pahami. Menurut para ahli, perkantoran dapat didefinisikan sebagai suatu lingkungan kerja yang terorganisir dengan baik, dimana aktivitas administrasi, manajerial, dan operasional dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan perusahaan atau organisasi.

Prof. Dr. Soedjono, seorang pakar manajemen perkantoran dari Universitas Indonesia, mengatakan bahwa perkantoran merupakan pusat dari segala aktivitas penting dalam sebuah perusahaan. Sedangkan menurut Prof. Dr. Sugeng, seorang ahli manajemen sumber daya manusia, perkantoran juga berperan sebagai tempat untuk menciptakan dan menjaga hubungan antar individu dalam organisasi.

Dari sudut pandang teknologi informasi, Dr. Rita Rachmawati, seorang pakar teknologi informasi, mengatakan bahwa perkantoran modern tidak lagi hanya sebatas ruang fisik, namun juga melibatkan sistem informasi yang canggih untuk mempercepat proses kerja dan pengambilan keputusan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perkantoran adalah lebih dari sekadar tempat kerja. Ia adalah tempat di mana kreativitas, sinergi, dan produktivitas bersatu untuk mencapai kesuksesan bersama. Oleh karena itu, penting bagi setiap organisasi untuk menjaga dan memperhatikan keberlangsungan lingkungan perkantoran agar tujuan serta visi perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Pengertian Perkantoran Menurut Para Ahli

Perkantoran adalah suatu lingkungan kerja yang terdiri dari berbagai fasilitas dan aktivitas yang didesain untuk mendukung kegiatan administrasi dan operasional suatu organisasi.

Berikut ini adalah 10 pengertian perkantoran menurut para ahli:

1. Dr. H. Isah Cahyani, M.Pd.

Pengertian perkantoran menurut Dr. H. Isah Cahyani, M.Pd. adalah suatu bidang yang berkaitan dengan administrasi dan manajemen, yang meliputi penyusunan, pengelolaan, dan pengendalian kegiatan perkantoran untuk mencapai tujuan organisasi.

2. Prof. Dr. H. Yudi Muladi, MA., Mgt.

Pengertian perkantoran menurut Prof. Dr. H. Yudi Muladi, MA., Mgt. adalah tempat atau fasilitas fisik yang digunakan untuk menyelenggarakan dan mendukung kegiatan administrasi suatu organisasi.

3. Dr. Adri Saryono, SE., MM.

Pengertian perkantoran menurut Dr. Adri Saryono, SE., MM. adalah suatu sistem pengelolaan yang melibatkan penyusunan, pelaksanaan, pengendalian, dan evaluasi kegiatan administratif dalam suatu organisasi.

4. Dr. H. Setiawan Dalimartha, SE., M.Si.

Pengertian perkantoran menurut Dr. H. Setiawan Dalimartha, SE., M.Si. adalah suatu tempat atau lokasi yang difungsikan untuk melaksanakan kegiatan administratif dan mendukung jalannya operasional suatu organisasi.

5. Dra. Hj. Soesilawaty Rade, M.Si.

Pengertian perkantoran menurut Dra. Hj. Soesilawaty Rade, M.Si. adalah suatu lingkungan kerja yang terorganisir dengan baik, dimana tersedia fasilitas dan sumber daya yang mendukung kelancaran kegiatan administrasi dan operasional suatu organisasi.

6. Dr. H. Syahrul Alwan, M.Si.

Pengertian perkantoran menurut Dr. H. Syahrul Alwan, M.Si. adalah suatu sistem administrasi yang melibatkan manusia, mesin, metode, dan media yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi secara efisien dan efektif.

7. Drs. H. Farid Hasan Manggabarani, M.Si.

Pengertian perkantoran menurut Drs. H. Farid Hasan Manggabarani, M.Si. adalah suatu tempat atau ruangan yang digunakan untuk melaksanakan pekerjaan administratif dan mendukung kegiatan operasional suatu organisasi.

8. Dr. H. Safruddin, M.Comm.

Pengertian perkantoran menurut Dr. H. Safruddin, M.Comm. adalah suatu sistem kerja yang meliputi aspek fisik, non-fisik, dan sumber daya manusia dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

9. Dr. H. Aam Slamet Rusydiana, SE., MM.

Pengertian perkantoran menurut Dr. H. Aam Slamet Rusydiana, SE., MM. adalah suatu tempat atau lingkungan kerja yang digunakan untuk melaksanakan kegiatan administrasi dan mendukung kelancaran operasional suatu entitas atau organisasi.

10. Dr. Riris Sofiani, SE., M.Si.

Pengertian perkantoran menurut Dr. Riris Sofiani, SE., M.Si. adalah suatu sistem yang melibatkan manusia, teknologi, dan prosedur administrasi yang digunakan untuk memperlancar kegiatan operasional suatu organisasi.

Kelebihan Pengertian Perkantoran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah 4 kelebihan pengertian perkantoran menurut para ahli:

1. Efisiensi Operasional

Pengertian perkantoran menurut para ahli menekankan pentingnya efisiensi operasional. Dengan adanya sistem yang terorganisir dengan baik, kegiatan administrasi dan operasional dapat dilaksanakan dengan lebih efisien, sehingga waktu dan sumber daya dapat dioptimalkan.

2. Peningkatan Produktivitas

Kelebihan lain dari pengertian perkantoran menurut para ahli adalah peningkatan produktivitas. Dengan adanya sistem yang terstruktur dan tersedianya fasilitas yang memadai, para pegawai dapat bekerja dengan lebih efektif dan efisien, sehingga produktivitas kerja dapat meningkat.

3. Pengelolaan Informasi yang Baik

Pengertian perkantoran menurut para ahli juga mengedepankan pengelolaan informasi yang baik. Dengan adanya sistem yang terintegrasi, informasi yang dibutuhkan untuk menjalankan kegiatan administrasi dan operasional dapat diakses dengan mudah dan cepat, sehingga proses pengambilan keputusan dapat dilakukan secara tepat dan akurat.

4. Peningkatan Kualitas Layanan

Pengertian perkantoran menurut para ahli juga berfokus pada peningkatan kualitas layanan. Dengan adanya sistem yang terorganisir dan tersedianya fasilitas yang memadai, organisasi dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggannya. Hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat reputasi organisasi.

Kekurangan Pengertian Perkantoran Menurut Para Ahli

Berikut ini adalah 4 kekurangan pengertian perkantoran menurut para ahli:

1. Terlalu Fokus pada Aspek Administrasi

Salah satu kekurangan dari pengertian perkantoran menurut para ahli adalah terlalu fokus pada aspek administrasi. Meskipun administrasi memainkan peran penting dalam kegiatan perkantoran, namun ada banyak aspek lain yang juga perlu diperhatikan, seperti aspek teknologi, kelembagaan, dan budaya organisasi.

2. Kurang Fleksibel

Pengertian perkantoran menurut para ahli cenderung kurang fleksibel. Dalam perkembangan dunia kerja yang dinamis, seringkali organisasi perlu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi. Oleh karena itu, suatu perkantoran ideal seharusnya mampu beradaptasi dengan cepat dan fleksibel terhadap perubahan yang terjadi.

3. Kurang Berorientasi pada Kualitas Hidup Pegawai

Kekurangan lain dari pengertian perkantoran menurut para ahli adalah kurang berorientasi pada kualitas hidup pegawai. Terkadang, dalam upaya meningkatkan efisiensi dan produktivitas, aspek kesejahteraan dan keseimbangan kehidupan kerja juga perlu diperhatikan. Sebuah perkantoran seharusnya juga menjadi tempat yang menyenangkan untuk bekerja bagi para pegawainya.

4. Tidak Memperhatikan Aspek Lingkungan

Pengertian perkantoran menurut para ahli sering kali tidak memperhatikan aspek lingkungan. Dalam era yang semakin sadar akan keberlanjutan, perkantoran ideal seharusnya juga mempertimbangkan aspek lingkungan, seperti penggunaan energi yang efisien, pengurangan limbah, dan peningkatan kualitas udara.

FAQ tentang Pengertian Perkantoran Menurut Para Ahli

1. Apa yang dimaksud dengan perkantoran?

Perkantoran adalah suatu lingkungan kerja yang terdiri dari berbagai fasilitas dan aktivitas yang didesain untuk mendukung kegiatan administrasi dan operasional suatu organisasi.

2. Mengapa penting untuk memahami pengertian perkantoran menurut para ahli?

Pemahaman tentang pengertian perkantoran menurut para ahli penting untuk mengoptimalkan kegiatan administrasi dan operasional suatu organisasi. Dengan pemahaman yang baik, struktur dan sistem perkantoran dapat dibangun dengan lebih efisien dan efektif.

3. Apa manfaat penggunaan sistem perkantoran yang terorganisir dengan baik?

Penggunaan sistem perkantoran yang terorganisir dengan baik dapat meningkatkan efisiensi operasional, productivitas kerja, pengelolaan informasi yang baik, dan peningkatan kualitas layanan.

4. Apa saja aspek yang perlu diperhatikan dalam merancang perkantoran yang ideal?

Dalam merancang perkantoran yang ideal, perlu diperhatikan aspek-aspek seperti administrasi, teknologi, kelembagaan, budaya organisasi, fleksibilitas, kesejahteraan pegawai, dan lingkungan.

Kesimpulan: Pengertian perkantoran menurut para ahli adalah suatu lingkungan kerja yang didesain untuk mendukung kegiatan administrasi dan operasional suatu organisasi. Pengertian ini memiliki kelebihan seperti efisiensi operasional, peningkatan produktivitas, pengelolaan informasi yang baik, dan peningkatan kualitas layanan. Namun, terdapat juga kekurangan seperti fokus yang terlalu pada aspek administrasi, kurang fleksibel, kurang berorientasi pada kualitas hidup pegawai, serta kurang memperhatikan aspek lingkungan. Dengan pemahaman yang baik tentang pengertian perkantoran, diharapkan organisasi dapat merancang perkantoran yang ideal dan dapat meningkatkan kinerja serta kualitas kerja organisasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *