Pengertian Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli

Utami Maharini

Perencanaan pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat penting dalam dunia pendidikan. Menurut para ahli, perencanaan pembelajaran merupakan langkah-langkah sistematis yang harus dilakukan oleh seorang pendidik untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Menurut Prof. Dr. H. John M. Keller, perencanaan pembelajaran adalah proses pengambilan keputusan yang mencakup pemilihan tujuan pembelajaran, pengorganisasian materi pembelajaran, pemilihan strategi pembelajaran, serta penilaian keberhasilan pembelajaran.

Sedangkan menurut Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, perencanaan pembelajaran adalah proses perencanaan berbagai macam kegiatan pembelajaran yang meliputi menentukan tujuan pembelajaran, merancang strategi pembelajaran, memilih metode pembelajaran, serta mengevaluasi hasil pembelajaran.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran merupakan suatu proses yang sangat penting dan harus dilakukan secara sistematis agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Para pendidik perlu memahami arti penting dari perencanaan pembelajaran menurut para ahli agar dapat menyusun pembelajaran yang efektif dan efisien.

Pengertian Perencanaan Pembelajaran Menurut Para Ahli

Perencanaan pembelajaran adalah proses merencanakan kegiatan belajar mengajar agar mencapai tujuan pendidikan tertentu. Dalam perencanaan pembelajaran, terdapat beberapa definisi yang diberikan oleh para ahli. Berikut adalah 10 pengertian menurut ahli terkemuka mengenai perencanaan pembelajaran:

1. Menurut Poesponingsih (2006)

Menurut Poesponingsih, perencanaan pembelajaran adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk merancang kegiatan belajar mengajar dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, kebutuhan siswa, kurikulum yang berlaku, serta waktu dan sumber daya yang tersedia. Proses perencanaan ini melibatkan penentuan tujuan pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran, serta penilaian hasil belajar siswa.

2. Menurut Trianto (2017)

Trianto menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses penyusunan rencana pembelajaran yang mencakup komponen-komponen seperti tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran, serta penilaian hasil belajar. Dalam perencanaan pembelajaran, guru perlu mempertimbangkan karakteristik siswa dan prinsip-prinsip pembelajaran yang efektif.

3. Menurut Sudjana (2009)

Sudjana menjelaskan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses menyusun rencana kegiatan belajar mengajar dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, metode pengajaran, media pembelajaran, serta penilaian hasil belajar. Perencanaan pembelajaran juga melibatkan proses penentuan kemampuan siswa, penentuan strategi pembelajaran yang sesuai, serta penentuan sumber belajar yang relevan.

4. Menurut Ruhimat (2010)

Ruhimat mendefinisikan perencanaan pembelajaran sebagai proses merumuskan tujuan pembelajaran, menentukan materi pembelajaran, memilih metode dan media pembelajaran, serta mengevaluasi hasil belajar siswa. Perencanaan pembelajaran juga melibatkan analisis kebutuhan siswa, penyusunan program pembelajaran, dan pengembangan bahan ajar yang sesuai.

5. Menurut Djamarah (2008)

Djamarah menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses merancang kegiatan pembelajaran yang meliputi penentuan tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan media pembelajaran. Perencanaan pembelajaran juga mencakup proses penyusunan rencana pembelajaran dan penilaian hasil belajar siswa.

6. Menurut Sardiman (2017)

Sardiman mengemukakan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses merancang rencana pembelajaran yang meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran juga melibatkan penyesuaian rencana pembelajaran dengan kebutuhan dan kondisi siswa serta pengaturan waktu dan sumber belajar yang diperlukan.

7. Menurut Suparno (2018)

Suparno menjelaskan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses merencanakan kegiatan belajar mengajar dengan memperhatikan tujuan pembelajaran, sasaran pembelajaran, metode pembelajaran, dan penilaian hasil belajar siswa. Perencanaan pembelajaran juga melibatkan pemilihan media pembelajaran yang sesuai serta pengorganisasian kegiatan pembelajaran yang efektif.

8. Menurut Agung (2015)

Agung menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses merancang program pembelajaran yang mencakup penentuan tujuan pembelajaran, penentuan materi pembelajaran, pemilihan metode dan media pembelajaran, serta penilaian hasil belajar. Dalam perencanaan pembelajaran, guru perlu mempertimbangkan keberagaman siswa dan keefektifan pembelajaran.

9. Menurut Ibrahim (2012)

Ibrahim menjelaskan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses merumuskan rencana kegiatan belajar mengajar dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, metode belajar mengajar, media pembelajaran, dan penilaian hasil belajar siswa. Perencanaan pembelajaran juga melibatkan penentuan sumber belajar yang relevan serta pengaturan lingkungan belajar yang kondusif.

10. Menurut Huda (2013)

Huda menyatakan bahwa perencanaan pembelajaran adalah proses merancang program pembelajaran sebagai pedoman bagi guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Perencanaan pembelajaran mencakup tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode dan media pembelajaran, serta penilaian hasil belajar. Dalam perencanaan pembelajaran, guru perlu memperhatikan karakteristik siswa, kebutuhan belajar siswa, dan memilih strategi pembelajaran yang bervariasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *