Pengertian Penyakit Serangan Jantung, Faktor Risiko, Gejala, dan Pencegahannya

Avatar
Penyakit Serangan Jantung
Ilustrasi Foto Penyakit Serangan Jantung (Foto : anlene.com)

Viktolia – Hingga saat ini, penyakit serangan jantung merupakan salah satu penyebab utama kematian yang terjadi di seluruh dunia.

Penyakit serangan jantung masih menjadi ancaman yang cukup serius dan dapat menyerang siapa saja, baik remaja ataupun orang dewasa.

Meskipun pengetahuan tentang penyakit ini dapat membantu Anda dalam mengambil tindakan pencegahan dan penanganan yang tepat. Namun tetap saja, penyakit ini harus selalu diwaspadai.

Pengertian Penyakit Serangan Jantung

Serangan jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang terjadi ketika aliran darah yang mengandung oksigen ke otot jantung terhenti atau terganggu secara tiba-tiba.

Kondisi seperti ini sering disebabkan oleh penyumbatan arteri koroner yang mengakibatkan kurangnya pasokan darah ke jantung.

Dalam kasus besar, kondisi tersebut bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada jaringan jantung. Jika tidak mendapatkan penanganan dengan segera, maka penyakit ini bisa menyebabkan kematian.

Faktor Risiko Penyakit Serangan Jantung

Ada banyak sekali faktor risiko yang menyebabkan seseorang bisa terkena serangan jantung, diantaranya sebagai berikut!

  • Merokok: Merokok merupakan salah satu faktor risiko utama seseorang bisa terkena serangan jantung. Rokok mengandung zat-zat kimia yang dapat merusak dinding arteri dan menyebabkan penyumbatan.
  • Hipertensi: Tekanan darah tinggi secara tidak langsung akan meningkatkan beban kerja jantung dan dapat merusak arteri.
  • Kolesterol Tinggi: Kolesterol tinggi dalam darah juga dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang akan menyempitkan aliran darah.
  • Diabetes: Penderita diabetes memiliki risiko yang jauh lebih tinggi untuk terkena penyakit serangan jantung.
  • Obesitas: Kegemukan atau obesitas ternyata dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti hipertensi, diabetes, dan serangan jantung.
  • Faktor Genetik: Jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit serangan jantung, maka Anda juga akan berpotensi untuk menjadi penderita.
  • Stres: Stres ternyata juga dapat berkontribusi pada penyakit serangan jantung. Maka dari itu, Anda harus bisa mengelola stres dengan baik.
  • Kurangnya Aktivitas Fisik: Kurangnya aktivitas fisik seperti terlalu lama duduk pada saat bekerja dan malas untuk berolahraga juga menjadi salah satu faktor seseorang bisa terkena serangan jantung.

Gejala Penyakit Serangan Jantung

Penyakit serangan jantung biasanya memiliki tanda-tanda gejala yang dapat dikenali, diantaranya sebagai berikut!

  • Nyeri dan terasa tidak nyaman pada bagian dada, umumnya terasa seperti tekanan atau sesak.
  • Keringat berlebihan.
  • Terasa mual dan ingin muntah.
  • Pusing.
  • Sesak napas.
  • Adanya rasa nyeri yang menjalar ke bagian lengan, leher, rahang, dan punggung.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas atau mengenali gejala-gejala tersebut pada orang lain, segera lakukan pertolongan dengan secepat mungkin.

Pencegahan Penyakit Serangan Jantung

Pencegahan merupakan kunci utama untuk mengurangi risiko penyakit serangan jantung.

Langkah-langkah pencegahan seperti berhenti merokok, menjaga tekanan darah dan kadar kolesterol dalam batas yang sehat, serta aktif dalam melakukan aktivitas fisik merupakan salah satu langkah pencegahan yang dapat dilakukan.

Hingga saat ini, serangan jantung masih menjadi salah satu jenis penyakit berbahaya yang harus senantiasa untuk diwaspadai.

Namun dengan perawatan medis yang tepat serta perubahan gaya hidup yang sehat, tentunya kita dapat mengurangi risiko untuk terkena serangan jantung.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *