Pengertian Penyakit Diabetes, Jenis, Penyebab dan Gejala

Avatar
Penyakit Diabetes
Ilustrasi Foto Penyakit Diabetes (Foto : bola.com)

Viktolia – Penyakit diabetes atau yang akrab dikenal dengan sebutan penyakit gula merupakan penyakit jangka panjang yang harus senantiasa untuk diwaspadai.

Penyakit ini biasanya dapat ditandai dengan meningkatnya kadar gula darah melebihi batas normal dari yang seharusnya ada dalam tubuh.

Penyakit Diabetes terjadi pada saat tubuh penderita tidak lagi dapat mengambil gula ke dalam sel dan menggunakannya sebagai energi.

Hingga pada akhirnya, kondisi tersebut mengakibatkan timbulnya penumpukan gula ekstra yang ada di dalam aliran darah tubuh.

Jika tidak dikontrol dengan baik, maka penyakit ini dapat menimbulkan dampak yang sangat serius dan dapat membuat berbagai organ dan jaringan yang ada di dalam tubuh mengalami kerusakan. Misalnya saja organ tubuh seperti ginjal, mata, jantung, dan juga saraf.

Jenis Penyakit Diabetes

Penyakit diabetes dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2.

  • Diabetes Tipe 1 : Merupakan jenis penyakit autoimun yang akan membuat sistem imun tubuh menyerang dirinya sendiri. Dalam kondisi ini, tubuh tidak akan bisa memproduksi insulin sama sekali.
  • Diabetes Tipe 2 : Merupakan jenis penyakit yang akan membuat tubuh penderita tidak akan bisa merespons insulin secara normal.

Penyebab Penyakit Diabetes

Kadar gula darah seseorang dapat dikatakan normal apabila berada pada angka kurang dari 100 mg/dL. Jika kadar gula darah sudah mencapai angka 100-125 mg/dL maka dapat dipastikan orang tersebut sudah berada dalam status pradiabetes.

Seseorang dapat dikatakan mengidap penyakit diabetes apabila kadar gula darah sudah mencapai angka 126 mg/dL ke atas. Kadar gula darah yang tinggi disebut juga dengan hiperglikemia.

Hiperglikemia merupakan suatu kondisi dimana kadar gula yang ada dalam darah meningkat secara berlebihan. Penyakit diabetes juga dipengaruhi oleh hiperglikemia.

Penyebab penyakit diabetes biasanya terjadi karena adanya gangguan dalam tubuh. Kondisi seperti ini akan membuat tubuh tidak dapat menggunakan glukosa darah ke dalam sel.

Dengan demikian, glukosa akan menumpuk dalam darah dan pada penyakit diabetes tipe 1, gangguan tersebut terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang biasanya menyerang virus dan bakteri berbahaya justru malah menyerang dan menghancurkan sel penghasil insulin.

Hal ini akan membuat tubuh kekurangan dan tidak bisa memproduksi insulin. Gula yang seharusnya diubah menjadi energi oleh insulin malah menyebabkan terjadinya penumpukan gula dalam darah.

Sementara pada penyakit diabetes tipe 2, tubuh dapat menghasilkan insulin secara normal. Namun, insulin tidak bisa digunakan oleh tubuh secara normal. Kondisi semacam ini disebut juga dengan istilah resistensi insulin.

Gejala Penyakit Diabetes

Gejala yang ditimbulkan oleh penyakit ini juga bervariasi pada setiap penderita. Karena kondisi tersebut akan sangat bergantung pada tingkat keparahan dan juga jenis penyakit gula yang dimiliki oleh penderita.

Jika digambarkan secara umum, berikut beberapa gejala yang akan dialami oleh orang-orang yang menderita penyakit  ini baik untuk tipe 1 dan tipe 2.

  • Adanya peningkatan rasa haus.
  • Adanya peningkatan terhadap frekuensi air kecil.
  • Mudah merasakan lelah dan kelelahan secara terus menerus.
  • Adanya gangguan pada penglihatan, misalnya saja seperti pandangan yang terlihat kabur.
  • Terjadinya infeksi pada tubuh secara terus menerus, umumnya terjadi pada bagian gusi, kulit, dan area vagina pada wanita.
  • Adanya penurunan berat badan yang tidak wajar.
  • Adanya keton pada urine. Keton merupakan produk sampingan dari pemecahan otot dan lemak yang terjadi saat tidak ada cukup insulin yang tersedia.

Kesimpulan

Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis penyakit yang tergolong berbahaya. Jika tidak dilakukan pencegahan dan perawatan dengan benar, maka penyakit ini dapat menimbulkan komplikasi yang cukup parah bagi tubuh.

Jika Anda sudah merasakan gejala-gejala penyakit diabetes baik tipe 1 dan tipe 2, segera periksakan ke dokter untuk penanganan dan pencegahan lebih lanjut.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *