Pengertian Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli: Mengupas Konsep yang Membedakan

Utami Maharini

Pembelajaran matematika merupakan bagian tak terpisahkan dalam dunia pendidikan. Seiring perkembangan zaman, konsep pembelajaran matematika pun semakin berkembang dan menjadi sorotan para ahli. Kompas Guruku berkesempatan mengupas lebih dalam tentang pengertian pembelajaran matematika menurut para ahli.

Menurut John Dewey, seorang filsuf pendidikan asal Amerika Serikat, pembelajaran matematika merupakan proses interaktif antara guru dan siswa yang bertujuan untuk mengembangkan pemahaman konsep matematika dan keterampilan berpikir logis. Dewey menekankan pentingnya pengalaman langsung dan aplikasi konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Howard Gardner, seorang psikolog pendidikan terkemuka, memandang pembelajaran matematika sebagai kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan berbagai kecerdasan multiple, seperti logika-matematis, visual-spatial, dan interpersonal. Gardner menekankan pentingnya pendekatan berbasis masalah dan pemberian kesempatan eksplorasi bagi siswa.

Dari sudut pandang lain, George Polya, seorang ahli matematika ternama, memandang pembelajaran matematika sebagai proses berpikir yang sistematis dan kreatif dalam memecahkan masalah. Polya mempopulerkan konsep pemecahan masalah dalam matematika melalui langkah-langkah heuristik yang terstruktur.

Secara keseluruhan, pengertian pembelajaran matematika menurut para ahli mencakup aspek-aspek kritis seperti interaktif, pengembangan kecerdasan multiple, pendekatan berbasis masalah, dan pemecahan masalah sistematis. Dengan pemahaman yang mendalam terhadap konsep-konsep ini, diharapkan pembelajaran matematika dapat memberikan manfaat maksimal bagi perkembangan siswa dalam menghadapi tantangan masa depan.

Pengertian Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli

Pembelajaran matematika adalah suatu proses aktivitas belajar yang bertujuan untuk mengembangkan kemampuan dalam memahami, menerapkan, dan mengaplikasikan konsep-konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari. Menurut para ahli, pembelajaran matematika memiliki beberapa pengertian sebagai berikut:

1. Carl Bereiter

Menurut Carl Bereiter, pembelajaran matematika adalah suatu proses di mana individu mengembangkan konsep-konsep matematika melalui pengamatan, praktik, dan refleksi. Melalui pembelajaran matematika, individu dapat memperoleh pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep matematika dan meningkatkan kemampuan berpikir logis serta kritis.

2. David Pimm

David Pimm mendefinisikan pembelajaran matematika sebagai proses di mana individu memperoleh pengetahuan tentang matematika melalui pengalaman belajar yang melibatkan pengamatan, percobaan, dan pemecahan masalah. Pembelajaran matematika juga melibatkan aktivitas berpikir kreatif, berkomunikasi, dan bekerja dalam kelompok untuk memecahkan masalah matematika.

3. John Mason

Menurut John Mason, pembelajaran matematika adalah proses konstruksi pengetahuan dan pemahaman matematika melalui interaksi individu dengan lingkungan belajar. Individu belajar melalui melakukan eksplorasi, membandingkan, menghubungkan, dan merangsang pikiran intuitif serta abstrak dalam memecahkan masalah matematika.

4. Paul Cobb

Paul Cobb berpendapat bahwa pembelajaran matematika adalah suatu proses di mana individu memperoleh pemahaman konsep-konsep matematika melalui interaksi dalam kelompok belajar. Melalui diskusi dan kolaborasi, individu dapat membangun makna matematika secara bersama-sama dan mengembangkan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep-konsep tersebut.

5. Richard Skemp

Richard Skemp mendefinisikan pembelajaran matematika sebagai proses pengembangan pemahaman konsep-konsep matematika melalui komunikasi dan pemecahan masalah. Melalui interaksi dengan orang lain dan pemecahan masalah matematika, individu dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang matematika dan meningkatkan kemampuan berpikir logis serta kritis.

6. Thomas Carpenter

Pembelajaran matematika menurut Thomas Carpenter adalah proses memperoleh pengetahuan dan pemahaman matematika melalui berbagai aktivitas belajar yang melibatkan pengamatan, percobaan, dan pemecahan masalah. Melalui pembelajaran matematika, individu dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, dan bekerja secara kolaboratif dalam memecahkan masalah matematika.

7. Jeremy Kilpatrick

Menurut Jeremy Kilpatrick, pembelajaran matematika adalah suatu proses di mana individu mengembangkan pemahaman konsep-konsep matematika melalui pemecahan masalah, pemodelan, dan komunikasi matematika. Pembelajaran ini juga melibatkan penggunaan alat-alat matematika, seperti manipulatif, teknologi, dan lingkungan belajar yang memfasilitasi pembelajaran.

8. Dorothy Sayers

Dorothy Sayers berpendapat bahwa pembelajaran matematika adalah suatu proses di mana individu memperoleh pemahaman tentang logika dan pemikiran deduktif melalui eksplorasi konsep-konsep matematika. Melalui pembelajaran matematika, individu dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis, analitis, dan kritis dalam memecahkan masalah.

9. Zoltan P. Dienes

Menurut Zoltan P. Dienes, pembelajaran matematika adalah suatu proses pengembangan pemahaman dan keterampilan matematika melalui percobaan, eksplorasi, dan pemecahan masalah. Pembelajaran matematika juga melibatkan penggunaan bahan dan alat belajar yang memfasilitasi pemahaman konsep-konsep matematika secara konkret dan visual.

10. Alan Schoenfeld

Alan Schoenfeld mendefinisikan pembelajaran matematika sebagai suatu proses di mana individu memperoleh pemahaman tentang konsep-konsep matematika melalui pemecahan masalah, pemodelan, dan refleksi. Pembelajaran matematika juga melibatkan pemikiran kritis, komunikasi matematika, dan penggunaan strategi pemecahan masalah dalam memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang matematika.

Kelebihan Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli

Pembelajaran matematika memiliki beberapa kelebihan menurut para ahli, antara lain:

1. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

Pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan berpikir logis dan kritis individu. Melalui pemecahan masalah matematika, individu dilatih untuk berpikir secara sistematis, menganalisis, dan memecahkan masalah dengan cara yang logis.

2. Mengembangkan Kemampuan Berkomunikasi

Pembelajaran matematika melibatkan aktivitas berkomunikasi matematika, baik dalam bentuk diskusi maupun presentasi. Hal ini dapat mengembangkan kemampuan berkomunikasi individu, baik secara lisan maupun tulisan, dalam menyampaikan pemikiran dan penyelesaian masalah matematika.

3. Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah

Pembelajaran matematika melibatkan pemecahan masalah matematika yang kompleks. Melalui pembelajaran ini, individu dilatih untuk menjadi pemecah masalah yang kreatif, inovatif, dan terampil dalam memecahkan masalah matematika.

4. Meningkatkan Kemampuan Abstraksi

Pembelajaran matematika melibatkan konsep-konsep matematika yang sifatnya abstrak. Melalui pembelajaran matematika, individu dapat mengembangkan kemampuan berpikir abstrak dan menggunakan konsep-konsep matematika secara lebih luas dalam pemecahan masalah sehari-hari.

Kekurangan Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli

Meskipun memiliki kelebihan, pembelajaran matematika juga memiliki beberapa kekurangan menurut para ahli, antara lain:

1. Sulitnya Memahami Konsep Abstrak

Bagi sebagian individu, pemahaman konsep-konsep matematika yang abstrak bisa menjadi sulit. Beberapa konsep matematika yang berbasis teori dan konsep dapat sulit dipahami sehingga memerlukan waktu dan upaya yang lebih dalam pembelajaran.

2. Kurangnya Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari

Kurangnya penerapan pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari juga menjadi kekurangan dalam pembelajaran matematika. Beberapa individu mungkin sulit melihat relevansi penggunaan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari, sehingga bisa mengurangi minat dan motivasi dalam pembelajaran.

3. Keterbatasan Waktu Pembelajaran

Pembelajaran matematika membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Keterbatasan waktu pembelajaran dapat menjadi kendala dalam pembelajaran matematika yang memerlukan pemahaman yang mendalam dan latihan yang intensif dalam pemecahan masalah matematika.

4. Kurangnya Sumber Belajar yang Menarik

Kurangnya sumber belajar yang menarik dan relevan dalam pembelajaran matematika juga menjadi kekurangan. Beberapa individu mungkin kesulitan dalam mencari sumber belajar yang bervariasi dan menarik, sehingga bisa mempengaruhi minat dan motivasi dalam pembelajaran.

FAQ tentang Pembelajaran Matematika Menurut Para Ahli

1. Apa saja kelebihan pembelajaran matematika?

Kelebihan pembelajaran matematika antara lain meningkatkan kemampuan berpikir logis, mengembangkan kemampuan berkomunikasi, melatih kemampuan pemecahan masalah, dan meningkatkan kemampuan abstraksi.

2. Mengapa pemahaman konsep matematika yang abstrak bisa sulit dipahami?

Pemahaman konsep matematika yang abstrak sulit dipahami karena membutuhkan tingkat pemikiran yang lebih tinggi dan kemampuan berpikir logis yang baik. Beberapa konsep matematika juga memiliki kompleksitas dan tingkat abstraksi yang tinggi.

3. Bagaimana cara mengatasi kurangnya penerapan pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari?

Untuk mengatasi kurangnya penerapan pembelajaran matematika dalam kehidupan sehari-hari, guru dapat mengaitkan pembelajaran matematika dengan situasi dan contoh-contoh yang relevan dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga dapat menggunakan metode pembelajaran yang lebih terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.

4. Apa yang bisa dilakukan untuk menarik minat dan motivasi dalam pembelajaran matematika?

Untuk menarik minat dan motivasi dalam pembelajaran matematika, guru dapat menggunakan pendekatan pembelajaran yang lebih kreatif dan interaktif, seperti penggunaan manipulatif dan teknologi dalam pembelajaran. Guru juga dapat mengaitkan pembelajaran matematika dengan situasi atau masalah yang menarik minat siswa.

Dalam kesimpulan, pembelajaran matematika adalah proses memperoleh pemahaman dan keterampilan matematika melalui pengamatan, percobaan, dan pemecahan masalah. Melalui pembelajaran matematika, individu dapat mengembangkan kemampuan berpikir logis dan kritis, berkomunikasi, dan bekerja dalam kelompok. Pembelajaran matematika memiliki kelebihan dalam meningkatkan kemampuan berpikir logis, berkomunikasi, pemecahan masalah, dan abstraksi. Namun, pembelajaran matematika juga memiliki kekurangan dalam pemahaman konsep abstrak, penerapan dalam kehidupan sehari-hari, keterbatasan waktu pembelajaran, dan kurangnya sumber belajar yang menarik. Bagi individu yang ingin meningkatkan pemahaman matematika, penting untuk memiliki minat, motivasi, dan kemauan yang tinggi dalam pembelajaran matematika serta menggunakan pendekatan pembelajaran yang kreatif dan terintegrasi dengan kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *