Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli dan Tahunnya

Utami Maharini

Jaringan komputer merupakan sebuah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain untuk berbagi informasi dan sumber daya. Menurut para ahli, jaringan komputer merupakan suatu sistem komunikasi yang memungkinkan dua komputer atau lebih bertukar data dan berbagi sumber daya.

Beberapa ahli meyakini bahwa konsep jaringan komputer pertama kali muncul pada tahun 1960-an. Pada saat itu, jaringan komputer digunakan untuk keperluan militer dan penelitian. Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi membuat jaringan komputer semakin berkembang dan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya jaringan komputer, kini kita bisa dengan mudah mengakses informasi dari berbagai belahan dunia dalam hitungan detik. Hal ini tidak terlepas dari kontribusi para ahli yang terus mengembangkan dan memperbaiki sistem jaringan komputer agar semakin efisien dan handal.

Pengertian Jaringan Komputer Menurut Para Ahli

Jaringan komputer adalah kumpulan peralatan elektronik yang saling terhubung untuk berbagi sumber daya dan berkomunikasi antara satu sama lain. Para ahli pada bidang jaringan komputer memiliki pandangan dan pengertian yang berbeda, dan berikut adalah sepuluh pengertian menurut para ahli mengenai jaringan komputer:

1. Andrew S. Tanenbaum (1981)

Pengertian Andrew S. Tanenbaum menyatakan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer fisik yang terhubung bersama untuk tujuan berbagi sumber daya dan informasi.

2. Larry L. Peterson (2007)

Pengertian Larry L. Peterson mengatakan bahwa jaringan komputer adalah interkoneksi dari sejumlah komputer yang mengizinkan pengguna untuk berbagi sumber daya dan berkomunikasi satu sama lain.

3. Douglas E. Comer (2014)

Pengertian Douglas E. Comer menyatakan bahwa jaringan komputer melibatkan penggunaan perangkat keras dan perangkat lunak yang membentuk infrastruktur komunikasi untuk menghubungkan komputer-komputer bersama-sama dengan tujuan berbagi sumber daya dan informasi.

4. Forouzan (2017)

Pengertian Forouzan mengatakan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan komputer otonom yang tersambung oleh saluran komunikasi untuk berbagi sumber daya dan layanan.

5. James F. Kurose dan Keith W. Ross (2017)

Pengertian James F. Kurose dan Keith W. Ross menyatakan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan dari sejumlah mesin yang dikomunikasikan bersama untuk berbagi sumber daya dan layanan.

6. Tanenbaum dan David J. Wetherall (2018)

Pengertian Tanenbaum dan David J. Wetherall mengatakan bahwa jaringan komputer adalah struktur yang terdiri dari komputer dan perangkat jaringan yang terhubung bersama untuk tujuan berbagi sumber daya dan informasi.

7. Larry Press (2018)

Pengertian Larry Press menyatakan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan dari beberapa komputer yang saling terhubung dan berkomunikasi melalui saluran komunikasi sehingga mereka dapat berbagi sumber daya dan informasi.

8. Andrew S. Tanenbaum dan David J. Wetherall (2019)

Pengertian Andrew S. Tanenbaum dan David J. Wetherall menyatakan bahwa jaringan komputer adalah infrastruktur yang terhubung oleh kabel, serat optik, gelombang radio, atau teknologi lainnya yang mendukung komunikasi antara komputer dan perangkat lainnya.

9. William Stallings (2019)

Pengertian William Stallings mengatakan bahwa jaringan komputer adalah kumpulan dari dua atau lebih komputer yang terhubung kabel atau media lainnya sehingga mereka dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi satu sama lain, dan beroperasi sebagai sistem terintegrasi.

10. Behrouz A. Forouzan (2020)

Pengertian Behrouz A. Forouzan menyatakan bahwa jaringan komputer adalah sistem yang terdiri dari sejumlah komputer yang terhubung melalui perangkat keras dan perangkat lunak untuk berbagi sumber daya dan informasi secara efisien.

Kelebihan Jaringan Komputer

Berikut adalah empat kelebihan pengertian jaringan komputer menurut para ahli:

1. Meningkatkan Efisiensi Komunikasi

Melalui jaringan komputer, komunikasi antar pengguna atau perangkat dapat dilakukan dengan cepat dan efisien. Pesan atau informasi dapat dengan mudah dikirim dari satu perangkat ke perangkat lainnya dalam hitungan detik, tanpa harus melalui proses yang rumit.

2. Berbagi Sumber Daya

Dengan menggunakan jaringan komputer, pengguna dapat berbagi sumber daya seperti printer, scanner, dan perangkat penyimpanan data bersama-sama. Hal ini membantu menghemat biaya karena tidak perlu membeli perangkat yang sama untuk setiap pengguna.

3. Meningkatkan Keamanan Data

Dalam jaringan komputer, data dapat disimpan dan diatur dalam server pusat yang dilengkapi dengan sistem keamanan yang kuat. Hal ini membantu melindungi data dari ancaman eksternal dan meminimalkan risiko kehilangan atau kerusakan data.

4. Meningkatkan Kolaborasi

Jaringan komputer memungkinkan pengguna untuk bekerja secara kolaboratif, baik dalam ruang lingkup yang sama maupun jarak jauh. Pengguna dapat berbagi dokumen, mengeditnya bersama-sama, dan memberikan umpan balik secara real-time, meningkatkan produktivitas dan kualitas pekerjaan.

Kekurangan Jaringan Komputer

Berikut adalah empat kekurangan pengertian jaringan komputer menurut para ahli:

1. Memerlukan Biaya Investasi Awal yang Tinggi

Mendirikan jaringan komputer membutuhkan biaya investasi awal yang tinggi, terutama untuk perangkat keras dan perangkat lunak yang diperlukan. Hal ini dapat menjadi kendala bagi organisasi atau individu dengan anggaran terbatas.

2. Memerlukan Keahlian Khusus

Untuk mengoperasikan dan memelihara jaringan komputer, diperlukan keahlian khusus dalam bidang jaringan komputer. Pengguna harus memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk mengatasi permasalahan yang mungkin terjadi, seperti pemecahan masalah jaringan atau keamanan data.

3. Rentan Terhadap Ancaman Keamanan

Jaringan komputer rentan terhadap ancaman keamanan seperti virus, malware, dan serangan siber lainnya. Hal ini memerlukan tindakan tambahan dalam melindungi jaringan dan data yang berada di dalamnya.

4. Meningkatkan Ketergantungan

Dengan menggunakan jaringan komputer, individu atau organisasi menjadi lebih tergantung pada infrastruktur yang ada. Apabila terjadi gangguan atau kegagalan sistem, maka dapat mengganggu operasional dan produktivitas yang bergantung pada jaringan tersebut.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang dimaksud dengan jaringan komputer?

Jaringan komputer adalah kumpulan peralatan elektronik yang saling terhubung untuk berbagi sumber daya dan berkomunikasi antara satu sama lain.

2. Apa keuntungan dari menggunakan jaringan komputer?

Keuntungan menggunakan jaringan komputer antara lain meningkatkan efisiensi komunikasi, berbagi sumber daya, meningkatkan keamanan data, dan meningkatkan kolaborasi.

3. Apa kelemahan yang dimiliki oleh jaringan komputer?

Kelemahan jaringan komputer antara lain memerlukan biaya investasi awal yang tinggi, memerlukan keahlian khusus, rentan terhadap ancaman keamanan, dan meningkatkan ketergantungan pada infrastruktur.

4. Apakah jaringan komputer hanya digunakan di organisasi besar?

Tidak, jaringan komputer dapat digunakan oleh organisasi besar maupun individu atau organisasi kecil. Penggunaan jaringan komputer dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam berbagai skala.

Dalam kesimpulan, jaringan komputer adalah kumpulan peralatan elektronik yang saling terhubung untuk berbagi sumber daya dan berkomunikasi. Pengertian ini diperoleh dari berbagai ahli, seperti Andrew S. Tanenbaum, Larry L. Peterson, Douglas E. Comer, dan banyak lagi. Jaringan komputer memiliki kelebihan seperti meningkatkan efisiensi komunikasi, berbagi sumber daya, meningkatkan keamanan data, dan meningkatkan kolaborasi. Namun, jaringan komputer juga memiliki kekurangan seperti memerlukan biaya investasi awal yang tinggi, memerlukan keahlian khusus, rentan terhadap ancaman keamanan, dan meningkatkan ketergantungan pada infrastruktur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *