Guru Profesional Menurut Para Ahli

Utami Maharini

Guru, sosok yang menjadi garda terdepan dalam proses pendidikan, memiliki peran penting dalam membentuk pemikiran dan karakter anak didik. Namun, tidak semua guru bisa disebut sebagai guru profesional. Menurut para ahli, guru profesional adalah mereka yang memiliki komitmen tinggi terhadap profesinya, selalu berusaha untuk meningkatkan kualitas mengajar, serta memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendukung proses belajar mengajar.

Profesor James Comer, seorang ahli pendidikan dari Yale University, mengatakan bahwa seorang guru profesional tidak hanya mengajar untuk memberikan pengetahuan, tetapi juga mendidik dengan penuh kasih sayang dan perhatian terhadap perkembangan siswa. Hal ini menunjukkan bahwa menjadi guru profesional bukan hanya tentang menguasai materi pelajaran, tetapi juga tentang memiliki empati dan keprihatinan terhadap murid-muridnya.

Selain itu, Dr. Linda Darling-Hammond, seorang pakar pendidikan dari Stanford University, menekankan pentingnya guru profesional untuk terus mengembangkan diri melalui pelatihan dan kursus pendidikan. Seorang guru profesional tidak pernah puas dengan pengetahuan yang dimilikinya, melainkan selalu mencari cara untuk meningkatkan kualitas mengajarnya agar dapat memberikan dampak yang positif bagi perkembangan siswa.

Dari pendapat para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa guru profesional adalah mereka yang tidak hanya mengajar untuk mencari nafkah, tetapi juga karena memiliki panggilan dan dedikasi yang tinggi terhadap dunia pendidikan. Mereka selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk menciptakan generasi yang cerdas, berbudi luhur, dan memiliki keinginan untuk terus belajar.

Pengertian Guru Profesional Menurut Para Ahli

Guru adalah profesi yang memegang peran penting dalam dunia pendidikan. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab dalam membimbing serta mengajar siswa agar dapat mencapai potensi terbaik mereka. Namun, untuk menjadi seorang guru yang profesional, tidak cukup hanya memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam bidang akademik. Menurut para ahli, guru profesional memiliki pengertian sebagai berikut:

1. Menurut Jaidev Singh (2019)

Guru profesional adalah individu yang memiliki pengetahuan yang mendalam dalam subjeknya, menggunakan berbagai metode pengajaran yang efektif, mampu memahami kebutuhan individual siswa, dan terus mengembangkan diri melalui pendidikan dan pelatihan.

2. Menurut Robert J. Marzano (2007)

Guru profesional adalah guru yang memiliki pemahaman tentang standar-standar pendidikan, mampu merencanakan dan melaksanakan strategi pengajaran yang efektif, serta dapat melibatkan siswa dengan cara yang menyenangkan dan berarti.

3. Menurut Linda Darling-Hammond (1997)

Guru profesional adalah pendidik yang memiliki pengetahuan yang luas dan mendalam, menguasai keterampilan pengajaran yang efektif, memiliki kemampuan untuk mengevaluasi dan memperbaiki praktik pengajaran, serta berkomitmen untuk mengembangkan diri secara terus-menerus.

4. Menurut Danielson, C. (2016)

Guru profesional adalah individu yang memiliki komitmen yang tinggi terhadap profesi mengajar, mampu mendemonstrasikan pengetahuan dan keterampilan dalam mengajar, memberikan umpan balik yang membangun kepada siswa, dan selalu mencari cara untuk meningkatkan praktik pengajaran mereka.

5. Menurut Huberman, M. (1989)

Guru profesional adalah guru yang memiliki pemahaman yang mendalam tentang proses pembelajaran dan perkembangan siswa, mampu mengidentifikasi kebutuhan individual siswa, serta dapat mengadaptasi metode pengajaran mereka sesuai dengan kebutuhan tersebut.

6. Menurut Puchner, L. D. (2009)

Guru profesional adalah individu yang secara aktif terlibat dalam pengembangan kurikulum, mengeksplorasi strategi pengajaran yang inovatif, dan berkolaborasi dengan kolega untuk meningkatkan pengalaman belajar siswa.

7. Menurut Angel L. Rivera (2014)

Guru profesional adalah pendidik yang selalu berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas, menerapkan praktik pengajaran yang terbukti efektif, dan berkomunikasi secara efektif dengan siswa, orang tua, dan staf sekolah lainnya.

8. Menurut Hargreaves, A. (1994)

Guru profesional adalah guru yang berkolaborasi dengan mahasiswa, orang tua, dan sesama pendidik, mengikuti perkembangan penelitian dan tren dalam bidang pendidikan, serta memiliki kemampuan untuk menerapkan pengetahuan ini dalam praktik pengajaran mereka.

9. Menurut Darling-Hammond, L. (2000)

Guru profesional adalah individu yang memiliki kompetensi yang luas dalam mengajar berbagai kelompok siswa, mampu menciptakan lingkungan yang inklusif dan ramah siswa, serta mampu melakukan evaluasi yang akurat terhadap perkembangan siswa.

10. Menurut Shulman, L. S. (1986)

Guru profesional adalah individu yang memiliki pengetahuan yang mendalam tentang materi yang diajarkan, mampu menjelaskan konsep yang kompleks dengan jelas dan terperinci, serta mampu menjalin hubungan yang positif dengan siswa.

Kelebihan Guru Profesional Menurut Para Ahli

1. Mampu Menjadi Teladan

Guru profesional memiliki kelebihan dalam menjadi teladan bagi siswa. Mereka menerapkan nilai-nilai etika dan moral dalam kehidupan sehari-hari, memberikan contoh perilaku yang baik, dan menginspirasi siswa untuk menjadi pribadi yang berintegritas.

2. Menggunakan Metode Pengajaran yang Efektif

Guru profesional memiliki keahlian dalam menggunakan berbagai metode pengajaran yang efektif. Mereka memahami karakteristik siswa dan mampu mengadaptasi strategi pengajaran sesuai dengan kebutuhan individual mereka. Dengan demikian, pembelajaran menjadi lebih menarik dan efektif.

3. Menerapkan Penilaian yang Komprehensif

Guru profesional mampu melakukan penilaian yang komprehensif terhadap pengetahuan dan kemampuan siswa. Mereka menggunakan berbagai alat penilaian, seperti tes, proyek, dan observasi, untuk mendapatkan gambaran yang jelas tentang perkembangan siswa. Dengan penilaian yang akurat, guru dapat memberikan umpan balik yang membangun dan merencanakan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa.

4. Mengembangkan Diri Secara Terus-Menerus

Guru profesional memiliki kelebihan dalam mengembangkan diri secara terus-menerus. Mereka selalu mencari peluang untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka melalui pendidikan dan pelatihan. Dengan mengikuti perkembangan terkini dalam bidang pendidikan, guru dapat terus memperbaiki praktik pengajaran mereka dan memberikan pendidikan yang berkualitas kepada siswa.

Kekurangan Guru Profesional Menurut Para Ahli

1. Beban Kerja yang Tinggi

Guru profesional seringkali menghadapi beban kerja yang tinggi. Mereka harus mengajar, merencanakan pembelajaran, menilai siswa, dan melibatkan diri dalam kegiatan ekstrakurikuler. Beban kerja yang berat dapat menyebabkan kelelahan dan stres bagi guru.

2. Tuntutan yang Tinggi dari Siswa dan Orang Tua

Guru profesional seringkali menghadapi tuntutan yang tinggi dari siswa dan orang tua. Mereka diharapkan mampu memenuhi harapan siswa dalam hal pembelajaran dan prestasi akademik. Selain itu, orang tua juga menuntut guru untuk memberikan perhatian khusus kepada anak mereka. Tuntutan yang tinggi ini dapat menambah tekanan bagi guru.

3. Kurangnya Pengakuan dan Apresiasi

Guru profesional seringkali kurang mendapatkan pengakuan dan apresiasi yang layak atas kinerja mereka. Meskipun mereka memiliki tanggung jawab yang besar dalam membentuk generasi masa depan, namun seringkali pekerjaan mereka dianggap remeh oleh masyarakat. Kurangnya pengakuan dan apresiasi dapat menurunkan motivasi dan semangat kerja guru.

4. Kurangnya Sumber Daya dan Dukungan

Guru profesional seringkali menghadapi kendala dalam melaksanakan pembelajaran karena kurangnya sumber daya dan dukungan yang memadai. Kurikulum yang terus berkembang, peraturan yang kompleks, dan keterbatasan fasilitas dapat menjadi hambatan dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal.

FAQ tentang Guru Profesional Menurut Para Ahli

1. Apa yang dimaksud dengan guru profesional?

Guru profesional merupakan guru yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam bidang pengajaran, mampu merencanakan dan melaksanakan strategi pengajaran yang efektif, serta terus mengembangkan diri melalui pendidikan dan pelatihan.

2. Apa yang membedakan guru profesional dengan guru biasa?

Guru profesional memiliki pemahaman yang lebih mendalam tentang pendidikan, mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, dan terus-menerus meningkatkan praktik pengajaran mereka. Mereka juga memiliki komitmen yang tinggi terhadap profesi mengajar.

3. Apa saja kelebihan guru profesional?

Kelebihan guru profesional antara lain mampu menjadi teladan, menggunakan metode pengajaran yang efektif, menerapkan penilaian yang komprehensif, dan mengembangkan diri secara terus-menerus.

4. Apa saja kekurangan guru profesional?

Kekurangan guru profesional antara lain beban kerja yang tinggi, tuntutan yang tinggi dari siswa dan orang tua, kurangnya pengakuan dan apresiasi, serta kurangnya sumber daya dan dukungan yang memadai.

Dalam kesimpulan, guru profesional merupakan individu yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mendalam dalam bidang pengajaran, mampu melibatkan siswa secara aktif dalam pembelajaran, dan terus-menerus meningkatkan praktik pengajaran mereka. Mereka memiliki kelebihan dalam menjadi teladan, menggunakan metode pengajaran yang efektif, menerapkan penilaian yang komprehensif, dan mengembangkan diri secara terus-menerus. Namun, guru profesional juga menghadapi kekurangan, seperti beban kerja yang tinggi, tuntutan yang tinggi dari siswa dan orang tua, kurangnya pengakuan dan apresiasi, serta kurangnya sumber daya dan dukungan. Meskipun demikian, peran guru profesional dalam dunia pendidikan sangat penting dan layak untuk dihargai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *