Berita  

BTN PERBASI Tunjuk Ronny Gunawan Menjadi Manajer Baru Timnas Elite Putra

Avatar
PERBASI
BTN PERBASI Tunjuk Ronny Gunawan Menjadi Manajer Baru Timnas Elite Putra

Viktolia – Timnas Bolabasket Indonesia menyapa tahun 2024 dengan pergantian manajer baru. Menatap persaingan di tahun baru ini, PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional (BTN) mempercayakan Ronny Gunawan sebagai manajer baru Timnas Elite Putra menggantikan Jeremy Imanuel Santoso.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan Ronny Gunawan. Perubahan di posisi manajer ini menjadi opsi yang kami ambil dengan harapan untuk meningkatkan prestasi timnas ke depan,” ungkap Ketua BTN PERBASI Syailendra Bakrie.

Ronny dipercaya menjadi manajer baru timnas karena tidak berafiliasi dengan tim manapun. Ronny yang sebelumnya identik dengan Satria Muda sudah resmi melepaskan diri setelah bersedia menerima tugas baru dari PP PERBASI melalui Badan Tim Nasional (BTN) ini.

Kata pria yang karib disapa Eda ini, penunjukan Ronny diharapkan bisa memberikan nafas baru dalam semangat membangun kekuatan Timnas Elite Putra. Arah Timnas menjadi lebih fokus ke depan untuk Merah Putih.

“Tugas manajer baru adalah menyiapkan tim bersama pelatih untuk menghadapi beberapa event di tahun 2024. Ronny bersama BTN juga sudah koordinasi terkait tim yang akan dipersiapkan hadapi turnamen di 2024,” ujar Eda.

Ajang terdekat adalah Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025. Ajang ini akan dilakukan dalam tiga jendela dengan format home and away.

Indonesia tergabung di Grup A bersama Australia, Korea Selatan, dan Thailand. Pertarungan di fase ini dimulai bulan Februari 2024.

Kemudian jendela kedua akan digelar pada November 2024. Selanjutnya jendela ketiga dilaksanakan pada Februari 2025.

Total ada 24 tim yang bersaing di fase ini. Mereka dibagi menjadi 6 grup dengan masing-masing grup diisi empat tim.

Juara dan runner up grup lolos ke fase final. Kemudian enam tim peringkat ketiga akan memainkan turnamen kualifikasi lainnya untuk perebutkan empat tempat terakhir.

Setelah Kualifikasi FIBA Asia 2024, Timnas Basket Indonesia akan bersiap untuk bertanding di SEA Games Thailand 2025. Ajang ini akan berlangsung pada 9-20 Desember 2025.

“Tak lupa kami juga ucapkan terima kasih kepada Jeremy (Imanuel Santoso) atas kontribusinya terhadap Timnas. Apresiasi diberikan atas berbagai capaian yang telah diraih termasuk membawa pulang medali emas untuk timnas putra pada 2021 yang lalu. Dengan semangat baru di 2024, semoga Timnas bisa memberikan prestasi lebih, demi kebanggaan Bolabasket Indonesia,” terang Eda.

Sementara Sekjen PP PERBASI Nirmala Dewi menegaskan bahwa pergantian manajer ini untuk menunjukkan netralitas federasi dalam membangun kekuatan timnas. Tidak ada satupun personel yang ada di manajemen ataupun ofisial tim terafiliasi dengan klub mana pun.

“Netralitas dibutuhkan dalam membangun kesolidan tim mengingat Timnas merupakan milik seluruh masyarakat Indonesia. Suasana ini diharapkan bisa menguatkan kondusifitas tim untuk mencetak sejarah baru bolabasket Indonesia ke depannya,” tegas Nirmala.

Di sisi lain, Ronny Gunawan merespons dengan baik tugas baru dari BTN PERBASI ini. Menurutnya, sebuah kehormatan bisa menjadi bagian dari Timnas Basket Indonesia. Dia akan berusaha memberikan yang terbaik karena ini adalah tugas negara.

“Kalau dulu saya membela Timnas sebagai atlet, sekarang di posisi sebagai manajemennya. Jadi, ini tentu merupakan suatu hal baru, tapi saya akan terus belajar tentunya,” jelas Ronny.

“Semoga di posisi baru ini saya bisa memberikan sumbangsih dan membantu timnas basket menjadi lebih baik lagi,” lanjutnya.

Dijelaskan mantan pemain yang pernah berjaya bersama Satria Muda ini, saat ini sedang mempersiapkan kebutuhan tim menghadapi turnamen terdekat. Pada Februari nanti, Timnas Basket Indonesia harus menghadapi Babak Kualifikasi FIBA Asia Cup 2025.

Jadwal di Bulan Februari 2024, Timnas Basket Indonesia akan memulai perjuangan di Grup A jendela 1 dengan melawan tuan rumah Thailand pada 22 Februari. Kemudian pada 25 Februari 2024 giliran menjamu Australia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *