7 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

Avatar
Penyebab Jerawat
Ilustrasi Foto Penyebab Jerawat (Foto : alodokter.com)

Viktolia – Ada banyak sekali penyebab jerawat yang harus diketahui. Jerawat merupakan masalah kulit yang sering dialami oleh banyak orang, terutama remaja dan orang dewasa.

Meskipun secara medis jerawat tidak berbahaya, namun jerawat dapat mengganggu penampilan dan rasa percaya diri seseorang.

Maka dari itu, Anda harus mengetahui penyebab jerawat dan cara dalam mengatasinya agar penampilan bisa selalu terjaga dan rasa percaya diri tidak berkurang.

Penyebab Jerawat yang Harus Diketahui

Penyebab Jerawat
Ilustrasi Foto Penyebab Jerawat (Foto : antaranews.com)

Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab jerawat. Meskipun tidak berbahaya, namun Anda harus mengetahui apa-apa saja yang menjadi penyebab munculnya jerawat. Dan berikut 7 penyebab jerawat yang harus diketahui.

Produksi Sebum yang Berlebihan

Penyebab jerawat yang pertama yaitu karena produksi sebum yang berlebihan. Sebum merupakan minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous di dalam folikel rambut.

Saat sebum diproduksi secara berlebihan, secara otomatis folikel rambut akan tersumbat dan dapat menyebabkan perkembangan jerawat.

Penumpukan Sel Kulit Mati

Penyebab jerawat yang selanjutnya yaitu karena penumpukan sel kulit mati. Pada umumnya, kulit kita akan terus-menerus mengganti sel-sel kulit mati dengan yang baru.

Saat sel-sel kulit mati tidak terkelupas dengan baik, maka hal ini dapat menyumbat folikel rambut dan menyebabkan timbulnya jerawat.

Proliferasi Bakteri

Banyak orang tidak tahu bahwa Bakteri Propionibacterium acnes yang ada pada kulit ternyata dapat berkembang biak dalam folikel yang tersumbat dan dapat menyebabkan peradangan.

Peradangan tersebut pada akhirnya menjadi penyebab timbulnya jerawat pada wajah. Jika sudah begini, maka Anda harus segera melakukan pencegahan agar peradangan tidak terjadi.

Adanya Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang sering terjadi selama masa remaja, kehamilan, atau selama masa menstruasi ternyata dapat memicu produksi sebum yang berlebihan dan dapat memperburuk jerawat.

Faktor Genetik

Beberapa orang mungkin lebih rentan terhadap jerawat karena faktor genetik. Jika ada riwayat keluarga yang memiliki masalah dengan jerawat, kemungkinan besar Anda akan memiliki risiko yang sama terhadap jerawat.

Stres

Stres ternyata dapat merangsang kelenjar sebaceous untuk menghasilkan lebih banyak sebum yang dapat menimbulkan jerawat.

Oleh karenanya, Anda harus bisa mengelola stres dengan baik. Lakukanlah aktivitas fisik seperti yoga agar pikiran jadi lebih tenang.

Pemakaian Kosmetik dan Produk Perawatan Kulit yang Tidak Cocok

Dan penyebab jerawat yang terakhir yaitu karena pemakaian kosmetik dan produk perawatan kulit yang mungkin tidak cocok dengan kulit.

Penggunaan produk yang tidak cocok dengan jenis kulit Anda atau yang mengandung bahan berminyak tentunya dapat menyebabkan penyumbatan folikel rambut dan dapat menimbulkan jerawat.

Cara Mengatasi Jerawat

Penyebab Jerawat
Ilustrasi Foto Penyebab Jerawat (Foto : tokopedia.com)

Setelah mengetahui penyebabnya, selanjutnya Anda harus mengetahui cara mengatasinya. Dan berikut beberapa cara mengatasi jerawat yang bisa Anda lakukan.

Lakukan Perawatan Kulit yang Tepat

Cara mengatasi jerawat yang pertama yaitu dengan melakukan perawatan kulit yang tepat. Kulit tentunya harus senantiasa dirawat agar kesehatannya selalu terjaga.

Misalnya saja seperti membersihkan wajah secara teratur dengan pembersih wajah yang lembut atau menggunakan produk perawatan kulit yang cocok dengan jenis kulit.

Hindari Memencet Jerawat

Memencet jerawat tentunya dapat memperburuk peradangan dan meninggalkan bekas luka. Alangkah sebaiknya biarkan jerawat pecah dengan sendirinya dan hindari untuk memencetnya.

Terapkan Gaya Hidup Sehat

Cara mengatasi jerawat yang selanjutnya yaitu dengan menerapkan gaya hidup sehat. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, mudah-mudahan Anda bisa terhindar dari masalah jerawat.

Cobalah untuk mengelola stres dengan baik, istirahat yang cukup, dan makan makanan yang sehat untuk membantu dalam mengurangi masalah jerawat.

Berkonsultasi dengan Dokter Kulit

Jika Anda mengalami masalah jerawat yang cukup parah, segera konsultasikan dengan dokter kulit. Nantinya, dokter kulit akan memberikan obat-obatan atau perawatan khusus untuk mengatasi masalah jerawat Anda.

Kesimpulan

Jerawat merupakan masalah kulit yang umum terjadi. Meskipun tidak berbahaya, namun jerawat dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Meskipun demikian, Anda tidak perlu khawatir. Jika Anda memiliki masalah dengan jerawat, cobalah untuk menerapkan tips-tips dalam mengatasi jerawat yang telah diuraikan di atas.

Mudah-mudahan masalah jerawat yang Anda alami bisa diatasi dengan secepat mungkin dengan selalu menerapkan pola hidup sehat.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *