7 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan

Avatar
Manfaat Buah Nanas
Ilustrasi Foto Manfaat Buah Nanas (Foto : titiknol.co.id)

Viktolia – Ada banyak sekali manfaat buah nanas bagi kesehatan yang harus Anda ketahui. Karena menjaga kesehatan sangatlah penting untuk dilakukan.

Selain mengonsumsi makanan yang bergizi dan rutin berolahraga, Anda juga harus mempertimbangkan untuk mengonsumsi buah nanas.

7 Manfaat Buah Nanas yang Harus Diketahui

Buah nanas merupakan salah satu buah yang paling disukai di seluruh dunia. Selain citarasanya yang lezat, nanas juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan.

Anda bisa menemukan buah nanas dimana saja, baik di supermarket ataupun di toko buah yang ada di sekitar tempat tinggal. Dan berikut 7 manfaat buah nanas yang harus diketahui.

Kaya Akan Vitamin C

Manfaat buah nanas yang pertama yaitu kaya akan vitamin C. Buah nanas mengandung banyak vitamin C yang dikenal sebagai sumber antioksidan yang kuat.

Vitamin C dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melindungi sel-sel dari kerusakan, dan membantu dalam penyembuhan luka.

Tidak hanya itu saja, mengkonsumsi vitamin C secara rutin juga dapat membantu dalam mencegah berbagai jenis penyakit, seperti flu dan pilek.

Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat buah nanas yang selanjutnya yaitu dapat melancarkan sistem pencernaan. Nanas mengandung enzim bromelin yang sangat bagus untuk sistem pencernaan tubuh.

Bromelin dapat meredakan gangguan pencernaan, seperti perut kembung dan mulas. Dengan mengkonsumsi nanas secara rutin dan teratur, tentunya kesehatan sistem pencernaan Anda akan selalu terjaga.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Buah nanas memiliki banyak sekali kandungan, seperti serat, vitamin C, dan potasium yang sangat bagus untuk mendukung kesehatan jantung.

Serat akan mengontrol kadar kolesterol dalam darah dan potasium akan membantu dalam mengatur tekanan darah. Kombinasi tersebut tentunya dapat membantu dalam mengurangi risiko penyakit jantung.

Mengurangi Risiko Peradangan

Manfaat buah nanas yang selanjutnya yaitu dapat mengurangi risiko peradangan yang mungkin akan terjadi dalam tubuh.

Karena kandungan bromelain dalam buah nanas memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu dalam mengurangi peradangan pada tubuh. Hal ini tentunya sangat bermanfaat bagi para penderita arthritis atau kondisi peradangan yang lainnya.

Mendukung Kesehatan Mata

Buah nanas mengandung beta-karoten yang bagus untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi beta-karoten secara rutin tentunya dapat membantu dalam mencegah degenerasi makula dan masalah mata yang lainnya.

Sumber Nutrisi Penting

Selain vitamin C, nanas juga mengandung berbagai nutrisi penting lainnya seperti vitamin A, vitamin B6, folat, mangan, dan tembaga.

Semua nutrisi tersebut berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh Anda. Jadi, Anda harus rutin dalam mengkonsumsi buah nanas agar kesehatan bisa selalu terjaga.

Dapat Membantu dalam Menurunkan Berat Badan

Dan manfaat buah nanas yang terakhir yaitu dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Buah nanas rendah akan kalori dan tinggi akan serat. Sehingga, cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi buah nanas dapat membantu Anda merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Sehingga dapat mengurangi keinginan untuk makan camilan yang tidak sehat.

Kesimpulan

Itulah 7 manfaat buah nanas bagi kesehatan yang harus diketahui. Meskipun buah nanas memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun Anda tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsinya.

Karena jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan, tentunya hal ini bisa menyebabkan iritasi mulut karena kandungan bromelain yang tinggi.

Sebagai rekomendasi, mungkin Anda bisa membuat jus nanas sebagai minuman antioksidan yang bisa dikonsumsi pada saat siang hari.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *