Wisata  

5 Rekomendasi Tempat Wisata di Jogja Paling Hits dan Populer

Avatar
Tempat Wisata di Jogja
Foto Tempat Wisata di Jogja

Viktolia – Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan berbagai macam tempat wisata yang hits dan populer. Kota ini juga dijuluki sebagai Kota Pelajar.

Mengapa Jogja dijuluki sebagai Kota Pelajar? Karena di wilayah ini terdapat banyak lembaga pendidikan seperti universitas ternama yang sering dipilih oleh orang-orang untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi.

Daftar 5 Tempat Wisata di Jogja Paling Hits

Tempat Wisata di Jogja
Foto Candi Prambanan

Jogja ternyata tidak hanya kaya akan warisan budaya dan sejarahnya saja, namun juga menawarkan berbagai macam destinasi wisata yang sangat menakjubkan, mulai dari candi-candi megah hingga pantai yang eksotis.

Nah, bagi Anda semua yang saat ini sedang berencana liburan ke Jogja, berikut 5 rekomendasi tempat wisata di Jogja yang bisa menjadi pilihan.

Candi Borobudur

Tempat Wisata di Jogja
Foto Candi Borobudur

Rekomendasi tempat wisata di Jogja yang pertama ada Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan salah satu keajaiban dunia yang saat ini sudah menjadi destinasi wisata yang dikenal dunia.

Candi ini dibangun pada abad ke-8 oleh Dinasti Syailendra dan menjadi tempat ziarah bagi para pemeluk agama Budha. Dengan latar belakang gunung dan hamparan sawah yang hijau, Candi Borobudur tentu akan membuat liburan Anda terasa sangat menyenangkan.

Saat mengelilingi seisi candi, para pengunjung akan disajikan dengan ukiran relief yang menceritakan kisah kehidupan yang sangat mengedukasi.

Pemandangan matahari terbit dari Candi Borobudur juga akan menjadi daya tarik utama, tentunya akan menawarkan pengalaman yang tak terlupakan.

Pantai Parangtritis

Jika Anda ingin mencari keindahan pantai yang memukau, Pantai Parangtritis mungkin bisa menjadi tempat wisata di Jogja yang bisa dikunjungi. Pantai ini menawarkan pasir putih yang lembut dan ombak yang sangat memikat.

Selain menikmati panorama laut yang indah, pengunjung juga dapat merasakan sensasi berkuda di sepanjang pantai atau naik andong tradisional.

Parangtritis juga dikenal karena mitos mistisnya. Konon, pantai ini diyakini sebagai tempat pertemuan Ratu Nyi Roro Kidul yang merupakan ratu laut dalam mitologi Jawa.

Beberapa orang percaya bahwa mengenakan pakaian warna hijau di pantai ini dapat memanggil keberuntungan. Sementara mengenakan pakaian warna merah bisa membawa sial.

Keraton Yogyakarta

Rekomendasi tempat wisata di Jogja yang selanjutnya ada Keraton Yogyakarta. Keraton Yogyakarta atau yang dikenal dengan istana kerajaan merupakan pusat kebudayaan Jawa dan merupakan simbol kekuasaan kraton.

Terletak di pusat kota, Keraton Yogyakarta menawarkan pengalaman mendalam tentang sejarah dan budaya kraton Mataram.

Pengunjung dapat menjelajahi seluruh area istana yang dilengkapi dengan taman, pendopo, dan museum. Ada juga pertunjukan seni tradisional seperti wayang kulit dan tari-tarian Jawa yang dapat dinikmati di Keraton.

Para pengunjung juga dapat melihat koleksi senjata, pakaian kerajaan, dan berbagai artefak bersejarah lainnya yang memberikan wawasan tentang kehidupan kerajaan di masa lalu.

Goa Jomblang

Rekomendasi tempat wisata di Jogja yang selanjutnya ada Goa Jomblang. Bagi para petualang yang suka mencari pengalaman yang unik, Goa Jomblang tentunya menjadi destinasi yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Terletak sekitar 50 kilometer dari pusat kota Yogyakarta, goa ini menawarkan keindahan alam bawah tanah yang sangat memukau.

Perjalanan menuju ke goa dimulai dengan menuruni tebing vertikal menggunakan peralatan khusus. Begitu sampai di dalam goa, pengunjung akan bisa menikmati pemandangan hutan karst yang menakjubkan dan cahaya alami yang menyinari bagian dalam goa.

Goa ini juga terkenal dengan lubang vertikalnya yang disebut “Heaven’s Light” yang memancarkan cahaya indah ke dalam goa.

Malioboro

Tempat Wisata di Jogja
Foto Malioboro

Dan rekomendasi tempat wisata di Jogja yang terakhir ada Malioboro. Malioboro merupakan jalan utama di pusat kota Yogyakarta yang menjadi pusat kegiatan perbelanjaan dan hiburan malam.

Jalan ini dipenuhi dengan berbagai toko suvenir, warung makan, dan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam barang, mulai dari batik hingga makanan khas Jogja.

Selain berbelanja, Malioboro juga menawarkan pengalaman unik pada malam hari. Pengunjung dapat menikmati kemeriahan jalanan dengan lampu-lampu hias yang berwarna-warni.

Ada pula pertunjukan seni jalanan, musik live, dan kuliner khas yang membuat Malioboro menjadi tempat yang ramai dan hidup sepanjang waktu.

Baca Juga : 5 Kuliner Khas Jogja Paling Legendaris yang Menarik untuk Dicoba

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja paling hits dan terkenal yang sangat wajib untuk dikunjungi. Jogja memiliki pesona tersendiri dengan berbagai destinasi wisata yang menakjubkan.

Mulai dari keajaiban arsitektur Candi Borobudur hingga keindahan alam Pantai Parangtritis. Setiap tempat wisata yang ada di Jogja tentunya menawarkan pengalaman liburan yang sangat menyenangkan.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *