5 Legenda MotoGP Paling Terkenal

Avatar
Legenda MotoGP
Ilustrasi Foto Legenda MotoGP

Viktolia – Sebagai salah satu ajang balapan motor paling bergengsi di dunia, tentunya ada banyak sekali legenda MotoGP yang memiliki banyak prestasi sepanjang karirnya.

MotoGP merupakan seri kejuaraan balap motor dunia yang diselenggarakan di sirkuit jalanan yang ada di setiap negara.

Sirkuit yang digunakan untuk balapan tentunya harus mengikuti syarat dan ketentuan yang telah diatur oleh Fédération Internationale de Motocyclisme.

Daftar 5 Legenda MotoGP Paling Terkenal

Jika berbicara tentang legenda MotoGP, tentu banyak dari kamu semua yang sudah mengenal nama seperti Valentino Rossi. Pembalap asal Italia tersebut memang memiliki segudang prestasi di ajang kejuaraan MotoGP.

Namun ternyata tidak hanya Valentino Rossi saja, terdapat pembalap lain yang menjadi legenda yang juga memiliki banyak prestasi. Siapa sajakah mereka? Berikut daftar 5 legenda MotoGP paling terkenal.

1. Giacomo Agostini

Legenda MotoGP
Foto Giacomo Agostini

Legenda MotoGP paling terkenal yang pertama ada Giacomo Agostini. Sama halnya seperti Valentino Rossi, Giacomo Agostini juga berasal dari Italia.

Di era tahun 1960-an dan awal tahun 1970-an, Agostini telah menjadi penguasa lintasan yang tak terkalahkan. Dirinya tercatat memenangkan 15 gelar juara dunia dan mengukir namanya sebagai salah satu pembalap paling sukses sepanjang masa.

Bersama MV Agusta dan Yamaha, dirinya juga telah berhasil membangun reputasi yang tidak tergoyahkan dalam sejarah MotoGP.

2. Barry Sheene

Legenda MotoGP
Foto Barry Sheene

Legenda yang tak kalah menarik lainnya ada Barry Sheene. Barry Sheene merupakan pembalap asal Inggris yang cukup populer pada akhir 1970-an.

Dikenal dengan sikapnya yang ceria dan sukses di atas lintasan, Sheene tercatat berhasil memenangkan dua gelar juara dunia 500cc dan membuat negara Inggris cukup dipertimbangkan pada kala itu berkat prestasi yang berhasil diraihnya.

3. Wayne Rainey

Legenda MotoGP
Foto Wayne Rainey

Legenda MotoGP yang selanjutnya ada Wayne Rainey. Wayne Rainey merupakan nama pembalap yang sangat terkenal di awal era MotoGP modern.

Dengan mengendarai motor Yamaha YZR500, dirinya berhasil Meraih tiga gelar juara dunia berturut-turut pada 1990-1992.

Keberhasilannya di atas lintasan tentunya menciptakan ketegangan dan persaingan sengit dengan rival abadinya, yakni Kevin Schwantz.

4. Valentino Rossi

Legenda MotoGP
Foto Valentino Rossi

Valentino Rossi atau yang dikenal dengan julukan “The Doctor” merupakan salah satu pembalap paling populer dan sukses di era baru MotoGP.

Dengan sembilan gelar juara dunia dan sejumlah prestasi luar biasa, Rossi juga berhasil mempertahankan basis penggemar setia di seluruh dunia.

5. Marc Márquez

Legenda MotoGP
Foto Marc Márquez

Dan legenda MotoGP yang terakhir ada Marc Márquez. Marc Márquez merupakan pembalap asal Spanyol yang juga dijuluki dengan sebutan “Baby Alien.”

Dalam waktu singkat, dirinya berhasil mengumpulkan sejumlah gelar juara dunia dan memecahkan rekor-rekor tak terkalahkan dengan gaya balapnya yang cukup spektakuler.

Hingga saat ini, Márquez masih menjadi salah satu pembalap aktif dalam ajang kejuaraan MotoGP meskipun peformanya sedikit menurun akhir-akhir ini.

Penutup

Itulah sekilas ulasan tentang daftar 5 legenda MotoGP paling terkenal sejak awal kejuaraan MotoGP hingga saat ini. MotoGP tentunya akan terus melahirkan banyak legenda.

Karena memang kejuaraan tersebut memiliki peminat yang cukup banyak. Tidak heran tentunya jika seri balapan MotoGP selalu menjadi hal yang sangat dinantikan oleh banyak orang.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *