Wisata  

5 Kuliner Khas Jogja Paling Legendaris yang Menarik untuk Dicoba

Avatar
Kuliner Khas Jogja
Ilustrasi Foto Kuliner Khas Jogja (Foto : gotravelaindonesia.com)

Viktolia – Jika Anda sedang berkunjung ke Jogja, maka Anda harus mencoba berbagai kuliner khas Jogja paling legendaris dengan cita rasa yang sangat lezat.

Karena selain terkenal dengan destinasi wisatanya yang menakjubkan, Jogja juga terkenal dengan kulinernya yang menarik untuk dicoba.

Bahkan, deretan kuliner yang ada di Jogja selalu menjadi andalan bagi para wisatawan saat melakukan perjalanan liburan ke Jogja.

Sembari menikmati keindahan alam, para wisatawan sering menyempatkan diri untuk mencicipi aneka kuliner yang tersedia.

Daftar 5 Kuliner Khas Jogja Paling Legendaris

Kuliner Khas Jogja
Ilustrasi Foto Kuliner Khas Jogja (Foto : jogjakeren.com)

Selain karena cita rasanya yang enak dan lezat, harga yang ditawarkan untuk setiap kuliner yang dijual juga sangat terjangkau.

Jadi, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan banyak uang saat akan mencicipi berbagai jenis kuliner paling legendaris yang ada di kota pelajar tersebut.

Untuk bisa menemukan kuliner khas Jogja pun tidak sulit. Biasanya para pedagang kuliner akan menyajikannya di sekitar wilayah Malioboro.

Nah, bagi Anda semua yang sedang berada di Jogja atau sedang merencanakan perjalanan liburan ke Jogja, berikut daftar 5 kuliner khas Jogja paling legendaris yang menarik untuk dicoba.

Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

Kuliner Khas Jogja
Ilustrasi Foto Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan (Foto : kompas.com)

Kuliner khas Jogja yang pertama ada Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan. Kuliner ini merupakan kuliner yang diracik oleh Mbah Lindu dan sudah buka sejak puluhan tahun yang lalu.

Dengan cita rasanya yang cukup khas, gudeg ini tentunya bisa menjadi pilihan terbaik untuk dicoba saat melakukan perjalanan wisata kuliner di Jogja.

Informasi Seputar Gudeg Mbah Lindu Sosrowijayan

  • Alamat : Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran, Gedong Tengen, Jogja
  • Jam Buka : Jumat – Sabtu (06.00 WIB – 09.00 WIB) Minggu – Kamis (06.00 WIB – 11.00 WIB)
  • Harga : Mulai Dari Rp.15.000,-

Sate Klathak Pak Bari

Kuliner Khas Jogja
Ilustrasi Foto Sate Klathak Pak Bari (Foto : tripadvisor.co.id)

Kuliner khas Jogja yang selanjutnya ada Sate Klathak Pak Bari. Kuliner ini merupakan kuliner yang sebelumnya sempat muncul pada film AADC 2 beberapa waktu yang lalu.

Keunikan kuliner ini terletak pada rasa daging kambingnya yang empuk dan lezat. Warung Sate Klathak Pak Bari juga tidak pernah sepi dari pengunjung.

Jika biasanya sate ditusuk dengan bambu atau lidi, maka lain halnya dengan Sate Klathak Pak Bari yang ditusuk dengan menggunakan jeruji sepeda.

Tidak hanya sate saja, namun warung ini juga menyediakan kuliner lainnya seperti gule kambing yang bisa didapatkan dengan harga terjangkau.

Informasi Seputar Sate Klathak Pak Bari

  • Alamat : Pasar Wonokromo, Jalan Imogiri Timur No. 5, Wonokromo, Pleret, Bantul, Jogja
  • Jam Buka : Setiap Hari (18.30 WIB – 00.00 WIB)
  • Harga : Mulai Dari Rp.20.000,-

Gudeg Pawon

Kuliner Khas Jogja
Ilustrasi Foto Gudeg Pawon (Foto : suara.com)

Dari sekian banyaknya kuliner yang ada di Jogja, Gudeg Pawon merupakan salah satu yang paling populer dan banyak disukai oleh para wisatawan.

Gudeg ini sudah buka lebih dari 50 tahun lamanya. Maka dari itu tidak salah tentunya jika Gudeg Pawon dinobatkan sebagai kuliner paling legendaris yang ada di Jogja.

Informasi Seputar Gudeg Pawon

  • Alamat : Jl. Prof. DR. Soepomo Sh UH/IV No. 36, Warungboto, Kecamatan Umbulharjo, Jogja
  • Jam Buka : Setiap Hari (17.30 WIB – 20.30 WIB)
  • Harga : Mulai Dari Rp.15.000,-

Nasi Teri Pojok Gejayan

Kuliner Khas Jogja
Ilustrasi Foto Nasi Teri Pojok Gejayan (Foto : wonosobozone.com)

Kuliner khas Jogja yang selanjutnya ada Nasi Teri Pojok Gejayan. Kuliner ini merupakan kuliner yang hanya bisa dinikmati pada saat malam hari saja. Hal ini karena warung tersebut buka mulai pukul 5 sore.

Selain karena sayur dan ikan terinya yang pedas, nasi teri yang ada di warung ini juga memiliki cita rasa yang cukup lezat. Anda tidak akan bisa menemukan kuliner ini di daerah lainnya. Jikapun ada, tentu rasanya akan jauh berbeda.

Informasi Seputar Nasi Teri Pojok Gejayan

  • Alamat : Jl. Affandi No. 5, Klitren, Kecamatan Gondokusuman, Jogja
  • Jam Buka : Selasa – Minggu (17.00 WIB – 03.30 WIB)
  • Harga : Mulai Dari Rp.12.000,-

Lumpia Samijaya

Kuliner Khas Jogja
Ilustrasi Foto Lumpia Samijaya (Foto : kompas.com)

Dan kuliner khas Jogja yang terakhir ada Lumpia Samijaya. Kuliner ini merupakan kuliner yang berada di sekitar kawasan Malioboro.

Setiap harinya, kuliner tersebut selalu habis diburu oleh para wisatawan. Hal ini karena cita rasanya yang akan menggugah selera.

Untuk isiannya, kuliner ini menggunakan telur puyuh dan daging ayam. Anda bisa menyesuaikannya sesuai dengan selera. Lumpia ini sudah dijual selama lebih dari 40 tahun. Jadi, soal rasa sudah pasti sangat lezat.

Informasi Seputar Lumpia Samijaya

  • Alamat : Jalan Malioboro No. 18, Suryatmajan, Danurejan, Jogja
  • Jam Buka : Setiap Hari (09.30 WIB – 21.00 WIB)
  • Harga : Mulai Dari Rp.5.000,-

Penutup

Itulah sekilas ulasan tentang 5 kuliner khas Jogja paling legendaris yang menarik untuk dicoba. Jadi, saat Anda sedang berada di Jogja jangan lupa untuk mencicipi daftar kuliner yang telah diuraikan di atas ya.

Jogja merupakan salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan destinasi wisata alamnya yang sangat indah dan menakjubkan.

Selain terkenal dengan destinasi wisata alamnya, Jogja ternyata juga terkenal dengan kulinernya yang tentunya sangat menarik untuk dicoba.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *