Bisnis  

5 Keuntungan Investasi Saham yang Harus Diketahui

Avatar
Keuntungan Investasi Saham
Ilustrasi Foto Investasi Saham

Viktolia – Investasi saham merupakan bentuk penanaman modal dengan menyertakan dana kepada suatu perusahaan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan.

Investasi saham telah menjadi salah satu cara paling populer untuk mengembangkan kekayaan dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang tanpa harus bekerja.

Daftar 5 Keuntungan Investasi Saham

Keuntungan Investasi Saham
Ilustrasi Foto Investasi Saham

Meskipun investasi saham memiliki risiko yang cukup besar dan harganya yang selalu naik turun, namun saham tetap menjadi pilihan bagi banyak orang untuk berinvestasi.

Karena memang investasi saham memberikan banyak sekali keuntungan. Dan berikut daftar 5 keuntungan investasi saham yang harus diketahui.

Potensi Pertumbuhan Modal yang Menjanjikan

Keuntungan investasi saham yang pertama yaitu potensi pertumbuhan modal yang cukup menjanjikan. Saham merupakan instrumen investasi yang memiliki potensi untuk memberikan keuntungan cukup besar dalam jangka waktu yang relatif singkat.

Bahkan, beberapa saham memiliki kinerja yang luar biasa dan dapat memberikan keuntungan puluhan bahkan ratusan persen dalam beberapa tahun.

Untuk mengoptimalkan potensi pertumbuhan modal, investor seringkali memilih saham dari perusahaan yang berkinerja baik dan memiliki prospek pertumbuhan yang cerah.

Dengan melakukan riset yang cermat dan memahami fundamental perusahaan, investor dapat memilih saham yang memiliki peluang cukup menjanjikan di masa yang akan datang.

Pendapatan Dividen

Selain dari pertumbuhan nilai saham, banyak perusahaan juga membagikan dividen kepada pemegang saham mereka. Dividen adalah pembayaran periodik yang diberikan perusahaan kepada pemegang saham sebagai bagian dari laba bersih.

Biasanya, saham perusahaan yang stabil dan mapan sering kali memberikan dividen secara rutin kepada para investor setiap tahunnya.

Dividen tidak hanya memberikan sumber pendapatan tambahan saja bagi investor, tetapi juga dapat menjadi cara untuk mengatasi kerugian yang terjadi.

Dengan mendapatkan dividen, investor tetap akan mendapatkan pengembalian sebagian dari investasinya, bahkan jika nilai saham mengalami perubahan.

Diversifikasi Portofolio yang Efektif

Keuntungan investasi saham yang selanjutnya yaitu diversifikasi portofolio yang efektif. Diversifikasi merupakan prinsip dasar investasi yang mengharuskan investor untuk menyebarkan risiko mereka di berbagai kelas aset.

Dengan memiliki saham dari berbagai sektor industri, tentunya para investor dapat mengurangi risiko yang akan terjadi terkait dengan perubahan pasar.

Diversifikasi juga akan membantu dalam melindungi portofolio dari dampak buruk dan kinerja buruk satu sektor atau saham tertentu.

Jika suatu sektor mengalami penurunan, investasi di sektor lain mungkin akan tumbuh dan dapat membantu dalam mengatasi kerugian secara keseluruhan.

Mendapat Akses Kepemilikan Bagian dari Perusahaan

Keuntungan investasi saham lainnya yaitu mendapat akses kepemilikan bagian dari perusahaan. Ketika Anda membeli saham suatu perusahaan, sebenarnya Anda sudah membeli bagian kecil dari perusahaan tersebut.

Hal ini tentunya akan memberikan akses kepada para pemegang saham untuk ikut serta dalam keputusan perusahaan dan mendapatkan keuntungan dari pertumbuhan perusahaan.

Dengan memiliki saham, Anda memiliki hak suara dalam pertemuan pemegang saham dan berpotensi mendapatkan dividen atau mendapatkan keuntungan saat Anda menjual saham tersebut dengan harga yang lebih tinggi dari harga beli.

Meskipun angka kepemilikannya tidak terlalu besar, setidaknya Anda sudah menjadi bagian dari perusahaan yang sahamnya Anda beli.

Likuiditas dan Akses yang Mudah

Dan keuntungan investasi saham yang terakhir yaitu likuiditas dan akses yang mudah. Saham diperdagangkan pada pasar saham yang memberikan likuiditas tinggi bagi para investor.

Dengan adanya likuiditas dan akses yang mudah, tentunya Anda bisa dengan cepat untuk membeli ataupun menjual aset tanpa mengakibatkan perubahan signifikan pada harganya.

Dalam konteks investasi saham, likuiditas memungkinkan para investor untuk dengan mudah menjual saham mereka secara online tanpa harus datang ke perusahaan.

Saat ini sudah ada banyak sekali aplikasi investasi saham terbaik yang yang bisa digunakan untuk membeli dan menjual saham secara gratis.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi untuk Pemula Paling Aman dan Terpercaya

Kesimpulan

Itulah sekilas ulasan tentang 5 keuntungan investasi saham yang harus diketahui. Investasi saham tentunya memberikan sejumlah keuntungan untuk keuangan Anda di masa yang akan datang.

Maka dari itu, tidak salah jika Anda memilih saham sebagai instrumen dalam berinvestasi. Selain mendapatkan keuntungan, masa depan Anda juga bisa dipastikan akan cerah.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *