Bisnis  

5 Keuntungan Investasi Emas yang Jarang Diketahui

Avatar
Investasi Emas
Ilustrasi Foto Keuntungan Investasi Emas (Foto : jabarekspres.com)

Viktolia – Investasi emas merupakan salah satu jenis investasi yang cenderung aman serta memberikan potensi keuntungan yang cukup menjanjikan.

Emas juga kebal terhadap inflasi. Oleh karena itu, banyak orang lebih memilih investasi emas untuk menjaga kekayaan mereka agar tetap stabil.

Selain tersedia dalam bentuk fisik, emas juga tersedia dalam bentuk digital. Sehingga, orang-orang bisa membeli emas secara langsung hanya melalui genggaman tangan saja.

Dengan adanya kemudahan tersebut, tentunya Anda tidak perlu ragu lagi memilih emas sebagai salah satu investasi yang wajib untuk dimiliki.

5 Keuntungan Investasi Emas yang Harus Diketahui

Investasi Emas
Ilustrasi Foto Emas

Jika Anda ingin memilih emas sebagai instrumen dalam berinvestasi, tentunya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja keuntungan yang akan didapatkan dengan berinvestasi emas.

Terutama bagi Anda semua yang masih berstatus pemula. Dengan mengetahui keuntungan yang akan didapatkan, nantinya Anda bisa memiliki gambaran yang pasti mengenai investasi emas. Dan berikut 5 keuntungan investasi emas yang harus diketahui.

Kebal Terhadap Inflasi

Keuntungan investasi emas yang pertama yaitu kebal terhadap inflasi. Emas terbukti dapat melindungi nilai kekayaan Anda dari inflasi.

Saat inflasi meningkat, daya beli terhadap mata uang tentu akan menurun. Tidak hanya itu saja, aset lain seperti uang tunai dan obligasi juga seringkali kehilangan daya beli.

Namun karena harga emas cenderung naik, emas dianggap sebagai pelindung nilai terhadap penurunan nilai mata uang. Sehingga dapat membantu dalam mengamankan kekayaan Anda dalam jangka waktu yang cukup lama.

Likuiditas yang Cukup Tinggi

Keuntungan yang selanjutnya yaitu likuiditas yang cukup tinggi. Emas sangat mudah untuk diperdagangkan dan memiliki likuiditas yang tinggi.

Anda dapat membeli ataupun menjual emas dengan sangat mudah kapan saja dan dimana saja. Tentunya hal ini menjadikan emas sebagai salah satu aset yang mudah untuk dicairkan jika Anda membutuhkan uang tunai dalam situasi darurat.

Sebagai Pelindung Saat Krisis Keuangan

Emas juga dikenal sebagai pelindung saat krisis keuangan. Karena selama krisis keuangan tengah berlangsung, banyak orang sering mencari perlindungan dalam bentuk emas.

Karena emas cenderung memiliki harga yang relatif stabil dibandingkan dengan aset lainnya. Dengan demikian, nilai emas akan tetap terjaga meskipun pada saat krisis keuangan.

Dapat Dijadikan Perhiasan

Bagi para wanita, emas tentunya dapat dijadikan sebagai perhiasan. Jadi, ketika Anda berhias, secara otomatis Anda sudah berinvestasi.

Karena saat ini emas telah tersedia dalam bentuk fisik dan digital. Jika Anda ingin menggunakannya, maka Anda bisa menjadikannya sebagai perhiasan.

Namun jika Anda tidak ingin menggunakannya, maka Anda bisa menyimpannya sebagai aset digital yang nilainya akan terus bertambah.

Sangat Mudah untuk Dicairkan

Dan keuntungan investasi emas yang terakhir yaitu sangat mudah untuk dicairkan. Berbeda dengan aset lain yang pada umumnya sangat sulit untuk dicairkan dan memerlukan waktu pencairan yang cukup lama, emas justru sangat mudah untuk dicairkan.

Jadi ketika Anda sedang berada dalam kondisi darurat dan membutuhkan dana cepat, maka Anda bisa langsung menjual emas yang Anda miliki.

Jika emas yang Anda miliki berbentuk fisik, maka Anda bisa menjualnya ke toko mas. Namun jika emas yang Anda miliki berbentuk digital, maka Anda bisa mencairkannya melalui platform tempat Anda membeli emas tersebut.

Baca Juga : 5 Jenis Investasi untuk Pemula Paling Aman dan Terpercaya

Kesimpulan

Seluruh jenis investasi tentunya memberikan keuntungan, namun dengan skala yang berbeda-beda. Karena setiap investasi memiliki aturannya masing-masing.

Jika Anda memilih emas sebagai instrumen dalam berinvestasi, tentu Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan. Karena nilai emas setiap tahunnya semakin meningkat.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *