5 Jenis Buah untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung yang Terbukti Ampuh

Avatar
Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi Foto Jenis Buah untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung (Foto : tribunnews.com)

Viktolia – Penyakit asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang harus senantiasa untuk dihindari. Terlebih pada saat asam lambung sudah naik.

Para penderita akan merasakan berbagai macam gejala seperti nyeri di ulu hati, rasa sakit di dada, dan sensasi seperti terbakar saat asam lambung sudah menuju kerongkongan.

Timbulnya rasa nyeri tersebut biasanya sering disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya saja seperti pola makan yang tidak teratur serta gaya hidup yang tidak sehat.

Tidak hanya itu saja, mengonsumsi makanan yang pedas, berminyak, dan banyak mengandung asam juga menjadi pemicu naiknya asam lambung.

Daftar 5 Jenis Buah untuk Mengatasi Penyakit Asam Lambung

Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi Foto Buah-Buahan (Foto : halodoc.com)

Selain melakukan tindakan pengobatan, penyakit asam lambung ternyata juga bisa diatasi dengan rutin mengonsumsi buah-buahan.

Karena buah-buahan kaya akan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan lambung. Cocok tentunya untuk membantu dalam mengatasi penyakit asam lambung yang Anda derita.

Pada saat akan memilih jenis buah untuk dikonsumsi, Anda juga harus selektif. Pilihlah jenis buah yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk lambung.

Karena tidak semua buah bisa dikonsumsi untuk membantu Anda dalam mengatasi penyakit asam lambung. Dan berikut daftar 5 jenis buah untuk mengatasi penyakit asam lambung yang bisa dikonsumsi.

Pepaya

Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi Foto Buah Pepaya (Foto : tokopedia.com)

Jenis buah yang pertama ada Pepaya. Pepaya merupakan jenis buah yang memiliki banyak khasiat untuk melawan berbagai jenis penyakit, misalnya saja seperti penyakit asam lambung.

Hal ini karena buah pepaya kaya akan kandungan vitamin K, Vitamin A, kalsium, dan beta karoten yang baik untuk kesehatan lambung.

Tidak hanya itu saja, buah pepaya juga memiliki kadar asam yang cukup rendah. Tentunya aman jika dikonsumsi setiap hari.

Jadi, bagi Anda semua para penderita penyakit asam lambung, rutinlah dalam mengonsumsi buah pepaya agar kesehatan lambung bisa selalu terjaga.

Apel

Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi Foto Buah Apel (Foto : astronauts.id)

Jenis buah yang selanjutnya ada apel. Apel memiliki kandungan vitamin yang cukup beragam, seperti vitamin A, vitamin C, vitamin B-16, dan vitamin B-12.

Dengan banyaknya kandungan vitamin yang ada pada buah apel, tentunya buah apel cocok dikonsumsi untuk membantu dalam mengatasi penyakit asam lambung yang Anda derita.

Buah apel juga memiliki kandungan lain seperti zat besi, kalsium, dan magnesium yang akan membantu dalam melancarkan sistem saluran pencernaan.

Maka dari itu, Anda bisa mengonsumsi buah apel dalam jumlah yang cukup setiap harinya untuk membantu dalam menjaga kesehatan lambung Anda.

Pisang

Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi Foto Buah Pisang (Foto : greeners.co)

Selain pepaya dan apel, jenis buah untuk mengatasi penyakit asam lambung yang selanjutnya ada pisang. Pisang merupakan salah satu jenis buah yang sangat mudah untuk didapatkan.

Buah pisang memiliki sifat basa yang dapat membantu dalam menetralisir asam lambung dengan cara melapisi lapisan kerongkongan yang sedang mengalami iritasi.

Tidak hanya itu saja, pisang juga memiliki kandungan serat yang sangat baik untuk pencernaan. Bahkan, buah pisang bisa membuat Anda merasakan kenyang dalam waktu yang cukup lama.

Kandungan lain yang dimiliki oleh buah pisang antara lain seperti vitamin C, antioksidan, fitonutrien, dan kalium yang bagus untuk kesehatan tubuh.

Melon

Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi Foto Buah Melon (Foto : pasundanekspres.co)

Jenis buah yang selanjutnya ada melon. Melon merupakan salah satu jenis buah yang memiliki kandungan asam cukup rendah.

Dengan begitu, mengonsumsi buah melon tidak akan membuat asam lambung Anda menjadi naik. Sama halnya seperti pisang, melon juga bersifat basah yang dapat membantu dalam menetralkan kadar asam pada lambung.

Tidak hanya itu saja, buah melon pun dapat membantu dalam mencegah iritasi pada saluran pencernaan yang mungkin bisa terjadi sewaktu-waktu.

Untuk cara mengonsumsi buah ini, Anda bisa mengonsumsinya secara langsung ataupun membuatnya menjadi jus buah sebagai minuman antioksidan.

Semangka

Penyakit Asam Lambung
Ilustrasi Foto Buah Semangka (Foto : lottemart.co.id)

Dan jenis buah untuk mengatasi penyakit asam lambung yang terakhir ada semangka. Semangka merupakan jenis buah yang memiliki kandungan air yang cukup banyak.

Oleh karenanya, buah semangka dapat membantu dalam melancarkan pencernaan dan menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.

Adapun kandungan nutrisi yang terdapat pada buah semangka antara lain seperti vitamin C, vitamin A, antioksidan, dan asam amino yang bagus untuk kesehatan lambung.

Karena kandungan air yang dimiliki oleh buah semangka cukup banyak, tentunya Anda bisa membuatnya menjadi jus buah sebagai minuman antioksidan.

Penutup

Itulah 5 jenis buah untuk mengatasi penyakit asam lambung yang mungkin bisa Anda pilih untuk dikonsumsi khusus bagi Anda semua para penderita penyakit asam lambung.

Kelima jenis buah yang telah diuraikan di atas tentunya sangat aman jika dikonsumsi setiap hari. Namun ingat, harus tetap dalam jumlah yang wajar ya.

Karena jika mengonsumsinya secara berlebihan, tentunya tubuh akan kewalahan untuk mengolahnya. Disamping itu, tubuh juga membutuhkan kandungan nutrisi yang lainnya.

Penyakit asam lambung merupakan salah satu jenis penyakit berbahaya yang harus senantiasa untuk dihindari. Untuk cara mengatasinya, mengonsumsi kelima jenis buah yang telah diuraikan di atas mungkin bisa sedikit membantu.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *