5 Cara Merawat Filter AC Mobil Agar Tidak Cepat Rusak

Avatar
Filter AC Mobil
Ilustrasi Foto Filter AC Mobil (Foto : kompas.com)

Viktolia – Filter AC mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam menjaga kualitas udara di dalam mobil serta memastikan kinerja AC berjalan dengan optimal.

Terlebih pada saat musim panas tiba, AC mobil sangatlah dibutuhkan. Jika filter AC mengalami kerusakan, tentu AC mobil tidak akan bisa memberikan sensasi kesegaran saat Anda berada di dalam mobil.

Maka dari itu, Anda harus senantiasa memastikan agar komponen tersebut tidak mengalami kerusakan supaya AC mobil dapat terus berfungsi dengan baik.

5 Cara Merawat Filter AC Mobil dengan Mudah

Filter AC merupakan komponen pertahanan utama terhadap debu dan kotoran yang dapat masuk ke dalam sistem AC mobil.

Merawat filter AC dengan baik tentunya sangat membantu dalam menjaga kualitas udara di dalam mobil dan menjaga kinerja AC agar tetap optimal.

Nah, bagi Anda semua yang saat ini sedang mencari cara merawat filter AC mobil, berikut beberapa cara yang mungkin bisa Anda lakukan.

Lakukan Identifikasi Terhadap Filter AC

Filter AC mobil biasanya terletak di dalam kompartemen AC yang ada di belakang dasbor. Jika Anda tidak mengetahui di mana filternya berada, coba tanyakan kepada mekanik bengkel resmi.

Karena biasanya beberapa mobil memiliki filter tunggal dan ada juga yang memiliki dua filter (filter udara dan filter kabin). Pastikan Anda mengetahui jenis filter yang ada pada mobil.

Periksa Filter Secara Berkala

Cara merawat filter AC mobil yang selanjutnya yaitu dengan memeriksa filter secara berkala. Periksalah filter AC setidaknya sekali dalam sebulan.

Pada umumnya, filter kabin AC berlokasi di bawah atau di belakang dasbor mobil. Anda mungkin perlu melepas beberapa panel untuk dapat memeriksanya.

Jika Anda kurang mahir dalam melakukan pemeriksaan, jangan segan untuk membawa mobil Anda ke bengkel resmi. Biarkan mekanik yang sudah berpengalaman yang akan melakukan pemeriksaan.

Bersihkan Filter dan Lakukan Penggantian Bila Perlu

Jika filter masih dalam kondisi baik dan tidak terlalu kotor, maka Anda dapat membersihkannya dengan menyemprotkan udara bertekanan rendah atau mencucinya sesuai dengan petunjuk pabrikan.

Pastikan juga untuk mengeringkan filter hingga benar-benar kering sebelum akhirnya dipasang kembali seperti yang seharusnya.

Namun jika filter sudah terlalu kotor atau bahkan sudah mengalami kerusakan, mungkin Anda harus menggantinya dengan segera.

Filter AC kabin biasanya dapat diganti dengan mudah tanpa memerlukan alat khusus. Namun untuk filter udara, kemungkinan besar Anda harus menggunakan alat-alat tertentu.

Saat akan melakukan penggantian filter, pastikan Anda membeli filter pengganti yang sesuai dengan merek dan model mobil Anda.

Perhatikan Kualitas Filter

Saat Anda memutuskan untuk membeli filter AC pengganti, pastikan Anda selalu memperhatikan kualitasnya. Pilihlah filter berkualitas tinggi yang dapat menghalangi kotoran dan debu dengan baik.

Pastikan juga filter yang Anda beli sesuai dengan merek dan model mobil Anda. Karena tidak semua filter itu sama. Jadi, Anda harus dapat menyesuaikannya.

Lakukan Perawatan Terhadap Komponen AC yang Lainnya

Dan cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu dengan melakukan perawatan terhadap komponen AC yang lainnya, seperti kompresor, evaporator, dan kondensor agar tetap berada dalam kondisi baik.

Disamping itu, Anda juga harus memastikan AC mobil selalu menjalani perawatan secara rutin sesuai dengan petunjuk yang dianjurkan oleh pabrikan.

Kesimpulan

Itulah 5 cara merawat filter AC mobil dengan mudah agar tidak cepat rusak. Dengan mengikuti cara-cara yang telah diuraikan di atas, mudah-mudahan filter AC mobil Anda selalu berada dalam kondisi baik.

Pastikan juga sistem AC Anda senantiasa memberikan udara bersih dan sejuk serta meningkatkan kenyamanan Anda pada saat berkendara.

Dengan melakukan perawatan yang baik, mudah-mudahan AC mobil Anda dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama dan selalu berfungsi dengan baik tanpa adanya satu masalah apapun.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *