5 Cara Mengetahui Freon AC Mobil Berkurang dengan Mudah

Avatar
Freon AC Mobil
Ilustrasi Foto Cara Mengetahui Freon AC Mobil Berkurang (Foto : garasi.id)

Viktolia – Mungkin banyak dari Anda semua yang saat ini belum mengetahui bagaimana cara mengetahui freon AC mobil berkurang. Cara mengetahui freon AC mobil berkurang ternyata sangatlah mudah untuk dilakukan.

AC mobil merupakan salah satu fitur paling penting yang akan membuat Anda merasa nyaman saat perjalanan, terutama jika cuaca panas.

Maka dari itu, agar AC mobil tetap berfungsi dengan baik, maka Anda harus memastikan bahwa tingkat freon di dalamnya tetap dalam kondisi yang baik juga.

5 Cara Mengetahui Freon AC Mobil Berkurang Terbaru

Freon merupakan zat pendingin yang digunakan dalam sistem AC mobil. Jika tingkatnya berkurang, maka AC mobil tidak akan bekerja dengan baik.

Untuk mengetahui freon AC mobil berkurang atau tidak, kelima cara yang akan diuraikan di bawah ini mungkin akan sedikit membantu.

Perhatikan Suhu yang Dikeluarkan oleh AC

Salah satu tanda bahwa freon dalam AC mobil berkurang yaitu suhu yang dikeluarkan oleh AC terasa tidak sejuk seperti biasanya.

Saat freon mulai berkurang, secara otomatis AC tidak akan mampu untuk mendinginkan udara dengan baik. Alhasil, suhu yang dikeluarkan oleh AC akan terasa lebih hangat.

Jika Anda merasa AC mobil tidak sejuk seperti biasanya, bisa jadi ini merupakan pertanda bahwa tingkat freon AC mobil Anda mulai berkurang.

Periksa Kinerja Sistem AC

Untuk memastikan bahwa AC mobil berfungsi dengan baik, cobalah untuk menguji kinerjanya selama beberapa saat, misalnya saja selama 15 menit.

Jika AC membutuhkan waktu yang jauh lebih lama dari biasanya untuk mendinginkan interior mobil, sudah dapat dipastikan ini merupakan petanda bahwa ada masalah dengan tingkat freon.

Tidak hanya itu saja, Anda juga harus memeriksa apakah ada perbedaan yang signifikan terhadap performa AC saat digunakan dalam cuaca panas dan cuaca dingin. Jika ada perbedaan yang begitu mencolok, bisa jadi freon AC mobil Anda bermasalah.

Perhatikan Bunyi yang Tidak Biasa

Freon yang berkurang biasanya sering menyebabkan AC mobil mengeluarkan bunyi yang tidak biasa. Anda mungkin akan mendengar suara desis atau suara mendesing yang datang dari sistem AC ketika Anda menyalakannya.

Jika terdengar suara tersebut, ini merupakan tanda bahwa freon AC mobil berkurang dan sistem akan bekerja lebih keras dari biasanya untuk mencapai suhu yang diinginkan.

Lihat Apakah Ada Kebocoran Atau Tidak

Freon AC mobil juga dapat berkurang karena adanya kebocoran dalam sistem. Untuk memeriksa apakah ada kebocoran atau tidak, Anda dapat melihat apakah ada ceceran atau jejak kelembapan di bawah mobil atau di sekitar komponen AC atau tidak.

Kebocoran kecil mungkin akan sulit untuk ditemukan. Namun jika Anda melihat tanda-tanda kelembapan yang mencurigakan, segera periksakan AC Anda ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki.

Periksa Manometer

Jika Anda merasa yakin bahwa freon AC mobil mulai berkurang, Anda bisa menggunakan manometer untuk mengukur tekanan freon dalam sistem.

Manometer merupakan sebuah alat yang dapat membantu Anda untuk memahami tingkat freon dalam AC. Namun, penggunaan manometer memerlukan pengetahuan khusus.

Jadi, alangkah sebaiknya bawa ke bengkel resmi dan serahkan kepada teknisi yang sudah berpengalaman jika Anda tidak tahu dalam memeriksanya.

Kesimpulan

Menjaga freon dalam AC mobil tentunya sangatlah penting untuk dilakukan agar performa AC mobil Anda tetap berada dalam kondisi yang optimal.

Apabila Anda merasa freon AC mobil berkurang, segera periksa tanda-tandanya seperti suhu yang dikeluarkan terasa tidak sejuk, kinerja yang buruk, bunyi yang tidak biasa, atau adanya tanda-tanda kebocoran.

Namun jika Anda tidak yakin atau merasa tidak nyaman untuk melakukan pemeriksaan sendiri, alangkah sebaiknya bawa ke bengkel resmi agar dilakukan pengecekan oleh teknisi yang sudah berpengalaman.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *