5 Cara Mengatasi Rambut Rontok dengan Mudah dan Cepat

Avatar
Cara Mengatasi Rambut Rontok
Ilustrasi Foto Rambut Rontok

Viktolia – Rambut rontok merupakan masalah umum yang sering dialami oleh banyak orang, baik pria maupun wanita.

Meskipun rambut rontok adalah hal yang normal, namun kehilangan rambut secara berlebihan tentunya bisa membuat kita jadi kurang percaya diri.

5 Cara Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Jika rambut kamu sering rontok, maka kamu harus segera mencari cara untuk mengatasinya. Karena rambut rontok tidak boleh dibiarkan dengan begitu saja.

Selain dapat menurunkan rasa percaya diri, rambut rontok juga akan membuat rambut jadi tidak sehat. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut 5 cara mengatasi rambut rontok secara alami yang bisa kamu lakukan.

1. Lakukan Perawatan Rambut dengan Benar

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Ilustrasi Foto Melakukan Perawatan Rambut

Perawatan rambut yang benar merupakan langkah awal sekaligus paling penting dalam mengatasi masalah rambut rontok.

Kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut yang sesuai dengan jenis rambut kamu. Selain itu, hindari pula untuk menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan kimia keras seperti sulfat dan paraben.

Pilihlah shampo dan kondisioner yang mengandung bahan-bahan alami untuk menjaga kelembapan dan kekuatan rambut.

Gunakan juga masker rambut alami seperti yogurt, madu, atau minyak kelapa setidaknya sekali dalam seminggu. Karena masker rambut dapat memberikan nutrisi tambahan untuk rambut.

2. Cukupi Asupan Nutrisi yang Baik

Cara mengatasi rambut rontok yang selanjutnya yaitu dengan mencukupi asupan nutrisi yang baik. Kesehatan rambut juga sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Oleh karenanya, pastikan kamu selalu mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dengan mengonsumi makanan-makanan yang bergizi.

Makanan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti vitamin A, C, D, E, serta zat besi, zinc, dan omega-3 ternyata sangat baik untuk kesehatan rambut.

Selain itu, kamu juga harus mengonsumi air putih yang cukup setiap hari untuk menjaga kelembapan rambut dari dalam.

Baca Juga : 5 Cara Menghilangkan Belang di Wajah Secara Efektif

3. Rutin Memijat Kulit Kepala

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Ilustrasi Foto Memijat Kulit Kepala

Cara mengatasi rambut rontok yang selanjutnya yaitu dengan rutin memijat kulit kepala. Pijatan kulit kepala merupakan salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan sirkulasi darah di sekitar folikel rambut.

Dengan rutin memijat kulit kepala, rambut akan mendapat rangsangan pertumbuhan yang baik. Namun sebelum memijat kulit kepala, oleskan terlebih dahulu minyak rambut seperti minyak kelapa atau minyak almond ke kulit kepala untuk membantu melembapkan kulit kepala dan meningkatkan sirkulasi.

Saat melakukan pijatan, gunakan ujung jari untuk melakukan pijatan lembut dengan gerakan melingkar di sekitar kepala. Hindari pula melakukan pijatan dengan tekanan yang terlalu keras untuk menghindari kerusakan pada rambut.

4. Gunakan Bahan Alami untuk Merawat Rambut

Cara Mengatasi Rambut Rontok
Ilustrasi Foto Bahan Alami untuk Rambut

Melakukan perawatan rambut dengan menggunakan bahan alami ternyata sangat efektif untuk mengatasi masalah rambut rontok. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti berikut!

  • Aloe Vera: Gel aloe vera dapat membantu dalam menyeimbangkan pH kulit kepala dan merangsang pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya, oleskan gel aloe vera ke kulit kepala dan biarkan selama 30 menit sebelum dibilas.
  • Bawang Putih: Bawang putih mengandung sulfur yang dapat meningkatkan produksi kolagen untuk pertumbuhan rambut. Cara menggunakannya, haluskan bawang putih dan oleskan ke kulit kepala selama 15-20 menit sebelum dibilas.
  • Daun Jambu Biji: Daun jambu biji mengandung nutrisi penting yang baik untuk kesehatan rambut. Cara menggunakannya, rebus daun jambu biji dan gunakan air rebusannya sebagai bilasan akhir setelah keramas.

Baca Juga : 7 Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya

5. Konsultasi dengan Ahli Kesehatan

Dan cara mengatasi rambut rontok yang terakhir yaitu dengan berkonsultasi dengan ahli kesehatan. Jika kamu sudah menerapkan cara-cara di atas namun belum juga berhasil, maka kamu bisa berkonsultasi dengan ahli kesehatan.

Nantinya, ahli kesehatan akan melakukan pengecekan dan memberikan solusi agar masalah rambut rontok yang kamu alami bisa segera teratasi.

Kesimpulan

Mengatasi rambut rontok memang memerlukan perawatan yang konsisten dan waktu yang tidak sebentar. Namun jika kamu bisa terus menerapkan cara-cara mengatasi rambut rontok yang telah diuraikan di atas, bukan tidak mungkin masalah rambut rontok yang kamu alami bisa segera teratasi.

Untuk bisa memiliki rambut yang sehat, tentunya kamu harus selalu melakukan perawatan dengan sebaik mungkin dan hindari untuk menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan kimia berbahaya bagi kesehatan rambut.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *