5 Cara Membuka Situs yang Diblokir dengan Mudah

Avatar
Cara Membuka Situs yang Diblokir
Ilustrasi Foto Cara Membuka Situs yang Diblokir (Foto : hajijatim.id)

Viktolia – Sebagian dari Anda mungkin banyak yang sedang mencari cara membuka situs yang diblokir karena berbagai macam alasan.

Cara membuka situs yang diblokir ternyata sangatlah mudah untuk dilakukan. Karena meskipun situs web diblokir, tetap saja ada cara yang dapat dilakukan untuk membukanya.

Pemblokiran sebuah situs di internet memang sering sekali terjadi, terutama di Indonesia. Kominfo terus melakukan pemberantasan terhadap situs-situs web yang melanggar aturan.

Misalnya saja seperti situs konten dewasa, situs film bajakan, dan situs-situs yang melanggar aturan yang telah ditetapkan oleh Kominfo.

5 Cara Membuka Situs yang Diblokir Terbaru

Namun sayangnya, pemblokiran situs yang dilakukan oleh Kominfo tidak memberikan dampak yang cukup signifikan. Karena nyatanya, situs yang diblokir masih bisa diakses kembali.

Jika Anda ingin membuka situs yang diblokir namun belum mengetahui caranya, berikut 5 cara yang bisa Anda lakukan dengan sangat mudah.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan VPN

Cara pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan VPN. Hingga saat ini, kehadiran VPN masih cukup membantu orang-orang yang ingin membuka situs yang diblokir.

Singkatnya, VPN merupakan sebuah alat yang dapat melakukan enkripsi lalu lintas di dunia maya serta memungkinkan para penggunanya untuk memalsukan alamat IP. Sehingga, lokasi pengguna tidak bisa dilihat dan diketahui.

Dengan menggunakan VPN, Anda bisa mengakses situs web ataupun konten yang dibatasi dan diblokir. VPN juga dapat digunakan secara gratis.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan Proxy

Cara lain yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan proxy. Jika Anda ingin membuka situs yang diblokir di komputer yang ada di tempat umum, maka Anda bisa menggunakan web proxy.

Sama halnya seperti VPN, proxy juga bisa menyembunyikan alamat IP Anda dari situs web. Untuk dapat menggunakannya, Anda tidak perlu melakukan instalasi dan membayar biaya apapun.

Namun karena proxy memiliki server yang terbatas, kemungkinan besar aktivitas browsing yang Anda lakukan akan berjalan dengan cukup lambat.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan Alamat IP

Cara selanjutnya yaitu menggunakan alamat IP. Alamat IP merupakan alamat spesifik berupa urutan nomor yang unik yang biasa digunakan untuk server yang menghosting sebuah situs web.

Untuk caranya, Anda cukup melakukan copy paste alamat website tersebut ke address bar dan mengakses situs yang Anda inginkan.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan Tor Browser

Tor Browser merupakan sebuah alat anonimitas internet sumber terbuka gratis yang dibuat dengan tujuan untuk memberikan respon terhadap sensor online.

Cara kerjanya yakni dengan mengirimkan data melalui jaringan server. Nantinya, Tor Browser dapat menyembunyikan IP Anda dari server tujuan serta menyembunyikan IP server tujuan dari ISP Anda.

Tor Browser juga memiliki kelemahan. Salah satu kelemahannya yaitu membutuhkan instalasi, tidak memiliki akses ke Netflix, kecepatan yang jauh lebih lambat, dan ada beberapa situs yang justru memblokir Tor Browser.

Cara Membuka Situs yang Diblokir Menggunakan Konverter HTML ke PDF

Dan cara terakhir yang dapat dilakukan yaitu menggunakan konverter HTML ke PDF. Jika Anda ingin membaca isi konten pada sebuah situs yang diblokir, maka konverter HTML ke PDF mungkin akan sedikit membantu.

Alat ini akan membantu dalam mengubah URL menjadi dokumen PDF serta menampilkan teks dan gambar yang muncul pada sebuah situs. Nantinya, Anda bisa mengunduh file dan melihatnya secara online.

Kesimpulan

Itulah 5 cara membuka situs web yang diblokir dengan mudah yang mungkin bisa Anda lakukan. Gunakanlah cara-cara yang telah dijelaskan di atas dengan bijak.

Karena apapun alasannya, situs yang diblokir biasanya memiliki konten-konten yang bersifat terlarang. Namun jika Anda merasa membutuhkan cara untuk membuka situs yang diblokir, kelima cara yang telah dijelaskan di atas mungkin akan sedikit membantu.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *