4 Tips Membeli Mobil Bekas Agar Tidak Ketipu

Avatar
Tips Membeli Mobil Bekas
Foto Mobil Bekas

Viktolia – Bagi sebagian orang, membeli mobil bekas tentu akan menjadi pengalaman yang cukup menakutkan. Karena mereka khawatir dengan kondisi mobil yang akan dibeli.

Pada umumnya, kondisi mesin dan fisik mobil bekas memang tidak sebagus mobil baru. Maka dari itu, saat akan membeli mobil bekas Anda harus teliti.

4 Tips Membeli Mobil Bekas yang Harus Diketahui

Tips Membeli Mobil Bekas
Foto Mobil Bekas

Meskipun harga mobil bekas jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil baru, namun Anda tetap harus berhati-hati dan jangan pernah tergiur dengan harga murah.

Karena bisa jadi kondisi mobil bekas yang dijual dengan harga murah dan tidak masuk akal sudah tidak layak untuk digunakan. Dan berikut 4 tips membeli mobil bekas yang harus diketahui.

Lakukan Riset Secara Mendalam

Tips membeli mobil bekas yang pertama yaitu dengan melakukan riset secara mendalam. Sebelum Anda membeli mobil bekas, coba cari tahu informasinya terlebih dahulu.

Carilah informasi tentang model dan merek mobil yang akan dibeli. Dengan begitu, nantinya Anda bisa mengetahui keandalan umum, performa mesin, serta masalah umum yang mungkin timbul pada mobil tersebut.

Selain itu, pastikan juga untuk memeriksa nilai pasar mobil yang Anda incar. Anda bisa menggunakan situs web dan aplikasi khusus untuk melihat harga pasar mobil tersebut pada saat ini.

Selalu ingat bahwa harga mobil bekas dapat bervariasi tergantung dari lokasi geografis, tahun produksi, dan kondisi mobil tersebut.

Dengan melakukan riset secara mendalam saat akan membeli mobil bekas, tentunya Anda bisa mengetahui lebih jauh tentang mobil yang akan dibeli, baik dari segi harga, peforma, dan kualitasnya.

Periksa Riwayat Servis

Tips membeli mobil bekas yang selanjutnya yaitu dengan memeriksa riwayat servis. Catatan servis yang lengkap tentunya akan menjadi nilai tambah pada sebuah mobil yang akan dijual.

Maka dari itu, mintalah kepada penjual untuk memberikan riwayat servis lengkap, termasuk perbaikan besar, pergantian suku cadang, dan pemeliharaan secara rutin.

Pastikan juga untuk memeriksa apakah mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan serius atau tidak. Dengan begitu, nantinya Anda bisa mengambil keputusan yang tepat.

Memeriksa riwayat servis juga bisa dilakukan melalui layanan pihak ketiga seperti Carfax atau AutoCheck. Layanan tersebut dapat membantu Anda untuk memeriksa riwayat kendaraan hanya dengan mengecek nomor identifikasi kendaraan (VIN).

Disamping itu, informasi riwayat servis tentunya akan membantu Anda dalam membuat keputusan yang lebih cerdas untuk memastikan bahwa mobil yang akan dibeli benar-benar bebas dari masalah yang besar.

Cek Kondisi Fisik Mobil

Tips membeli mobil bekas lainnya yang bisa dilakukan yaitu dengan memeriksa kondisi fisik mobil, baik pada bagian luar maupun pada bagian dalam.

Jika Anda kurang berpengalaman dalam hal ini, pertimbangkanlah untuk membawa seorang mekanik. Mintalah kepada penjual untuk mengizinkan mekanik memeriksa mobil yang akan dibeli.

Periksa bagian-bagian utama seperti mesin, transmisi, sistem suspensi, dan rem. Pastikan untuk memeriksa apakah ada tanda-tanda kebocoran cairan atau kerusakan yang lainnya.

Selain itu, lihatlah kondisi ban dan pastikan treadnya masih dalam kondisi baik. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan kepada penjual terkait perawatan yang dilakukan dan apakah ada masalah yang perlu diperhatikan.

Tanyakan Sejarah Mobil Pada Penjual

Selama proses pembelian, penting untuk aktif bertanya kepada penjual. Bertanyalah tentang sejarah pemilik sebelumnya, alasan di balik penjualan, dan sejauh mana mobil tersebut telah digunakan untuk perjalanan jarak jauh.

Tanyakan apakah ada masalah tertentu yang sering muncul pada mobil tersebut dan bagaimana penjual menangani perawatan dan perbaikannya.

Tidak lupa juga untuk menanyakan apakah garansi mobil masih berlaku atau tidak. Jika garansi sudah tidak berlaku lagi, mungkin Anda bisa meminta garansi tambahan kepada penjual.

Dengan mengajukan pertanyaan yang tepat, tentunya Anda dapat mengumpulkan informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat saat akan membeli mobil bekas.

Baca Juga : 5 Cara Mengetahui Freon AC Mobil Berkurang dengan Mudah

Kesimpulan

Itulah sekilas ulasan tentang 4 tips membeli mobil bekas yang harus diketahui dan diterapkan agar tidak ketipu. Membeli mobil bekas mungkin memiliki sedikit risiko.

Namun dengan persiapan yang matang, tentunya Anda bisa menghindari banyak risiko untuk bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang baik.

Dengan mengikuti tips membeli mobil bekas yang telah diuraikan di atas, mudah-mudahan Anda tidak akan ketipu saat akan membeli mobil bekas.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *