Wisata  

10 Makanan Khas Malang yang Sangat Wajib untuk Dicoba

Avatar
Makanan Khas Malang
Foto Makanan Khas Malang

Viktolia – Malang, kota yang terletak di Jawa Timur, Indonesia, bukan hanya terkenal dengan keindahan alamnya, tetapi juga dengan kekayaan kuliner yang menggoda.

Daftar 10 Makanan Khas Malang Paling Lezat

Dalam artikel ini, Viktolia akan menjelajahi daftar makanan khas Malang yang telah menjadikan kota ini surga bagi para penikmat kuliner.

1. Bakso Bakar Malang

Makanan Khas Malang
Foto Bakso Bakar Malang

Bakso Bakar Malang adalah sajian unik yang memadukan dua kelezatan sekaligus: bakso dan proses pembakaran. Bakso, bola daging kenyal yang biasa dihidangkan dalam kuah, dipanggang hingga matang dan disajikan dengan saus kecap yang khas.

Proses pemanggangan memberikan aroma yang menggoda dan rasa gurih yang khas. Warung-warung bakso bakar tersebar di berbagai sudut kota Malang, menawarkan pengalaman kuliner yang berbeda dan lezat.

2. Sate Kere H. Slamet

Sate Kere H. Slamet adalah warung sate yang terkenal di Malang, menjual sate dengan harga terjangkau yang cocok untuk semua kalangan.

Daging sate yang lembut dipanggang dengan bumbu khas, dan disajikan dengan lontong dan saus kacang yang lezat.

Warung ini bukan hanya tentang rasa, tetapi juga tentang kehangatan dan atmosfer yang ramah, membuat pengunjung merasa seperti di rumah sendiri saat menikmati hidangan sate yang lezat.

3. Rawon Setan

Makanan Khas Malang
Foto Rawon Setan

Rawon Setan, atau sering disebut Rawon Pak Pangat, adalah warung yang terkenal dengan rawonnya yang begitu kaya rasa.

Rawon adalah sup daging hitam khas Jawa Timur yang memiliki cita rasa kuah yang pekat dan gurih. Warung ini terkenal karena memberikan pilihan tambahan seperti usus sapi, empal, dan telur asin untuk menambah kenikmatan hidangan. Rasanya yang begitu khas dan unik membuat Rawon Setan menjadi tempat favorit bagi pencinta kuliner di Malang.

4. Pecel Kawi

Pecel Kawi adalah hidangan khas Jawa Timur yang terdiri dari sayuran rebus yang disiram dengan bumbu kacang yang lezat.

Pecel Kawi di Malang memiliki keistimewaan dengan menggunakan sayuran-sayuran segar dari kawasan dataran tinggi seperti wortel, kacang panjang, dan kecambah.

Ditambah dengan sambal yang pedas dan nasi hangat, Pecel Kawi menjadi hidangan yang menyegarkan dan nikmat, terutama di cuaca yang sejuk di kawasan Malang.

5. Nasi Pecel Blitar

Meskipun namanya mengacu pada Blitar, tetapi Nasi Pecel Blitar juga sangat terkenal di Malang. Hidangan ini terdiri dari nasi yang disiram dengan bumbu kacang yang kental dan ditemani berbagai jenis sayuran seperti kangkung, kacang panjang, tauge, dan irisan ketupat.

Kelezatan nasi pecel Blitar terletak pada keharmonisan antara bumbu kacang dan segarnya sayuran. Pedasnya sambal pecel yang disajikan juga memberikan sensasi tersendiri bagi para pencinta pedas.

6. Bebek Sinjay

Makanan Khas Malang
Foto Bebek Sinjay

Bebek Sinjay adalah hidangan bebek goreng yang terkenal di Malang. Bebek ini digoreng dengan bumbu rempah yang khas, memberikan cita rasa yang lezat dan gurih.

Dalam satu porsi Bebek Sinjay, Anda akan menemukan bebek goreng, nasi hangat, dan lalapan segar. Rasanya yang gurih di bagian luar dan lembut di bagian dalam membuat Bebek Sinjay menjadi primadona di kalangan penggemar bebek goreng di Malang.

7. Cwie Mie Malang

Cwie Mie adalah mie ayam khas Malang yang diolah dengan bumbu-bumbu yang khas dan disajikan dengan berbagai topping lezat seperti pangsit goreng, bakso, dan irisan ayam.

Cwie Mie Malang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan mie yang kenyal. Beberapa tempat menyajikan cwie mie dengan tambahan bakso bakar yang memberikan cita rasa manis dan asap yang begitu menggoda selera. Ini adalah hidangan yang wajib dicoba bagi pencinta mie yang berkunjung ke Malang.

8. Lontong Balap Kedungkandang

Lontong Balap adalah hidangan tradisional khas Malang yang terdiri dari lontong, tauge, tahu goreng, dan lentho (semacam bakwan) yang disiram dengan bumbu kacang yang khas.

Keunikan Lontong Balap Kedungkandang adalah cara penyajiannya yang cepat seperti balapan. Pedagang akan menyiapkan pesanan dengan sangat cepat, memberikan pengalaman kuliner yang unik dan menarik bagi pengunjung. Rasa lezat dan kecepatan penyajian membuat Lontong Balap menjadi makanan favorit di Malang.

9. Soto Ayam Cak Har

Soto Ayam Cak Har adalah salah satu warung soto legendaris di Malang. Soto ayam ini disajikan dengan kuah bening yang kaya rasa, potongan daging ayam yang lembut, tauge, dan irisan bawang merah serta daun seledri.

Kelezatan soto ayam ini terletak pada bumbu kacang yang digunakan untuk membuat kuahnya. Pengunjung dapat menambahkan kecap, sambal, dan jeruk nipis sesuai selera masing-masing untuk mendapatkan cita rasa yang pas.

10. Bakpao Telur Asin

Bakpao Telur Asin adalah varian bakpao yang populer di Malang. Bakpao ini memiliki isian telur asin yang gurih dan lembut, memberikan sensasi rasa yang unik dan lezat.

Selain telur asin, beberapa varian bakpao lainnya seperti bakpao daging, kacang hijau, dan cokelat juga tersedia. Bakpao ini bisa dijadikan oleh-oleh khas Malang yang sempurna dan dapat dinikmati kapan saja.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Malang Paling Populer Tahun 2023

Kesimpulan

Melalui ragam kuliner khasnya, Malang memanjakan lidah setiap pengunjung yang datang. Dari bakso bakar hingga bebek sinjay, setiap hidangan memiliki cita rasa yang menggoda dan memberikan pengalaman kuliner yang tak terlupakan.

Jika Anda berkunjung ke Malang, pastikan untuk mencicipi daftar makanan khas yang telah disebutkan, dan nikmati kelezatan kuliner yang memikat selera di kota ini.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *