Wisata  

10 Makanan Khas Lombok Paling Legendaris dengan Cita Rasa Lezat

Avatar
Makanan Khas Lombok
Foto Makanan Khas Lombok

Viktolia – Lombok, sebuah pulau indah di Nusa Tenggara Barat, Indonesia, tidak hanya menawarkan keindahan alam yang memukau tetapi juga menyajikan kekayaan kuliner yang memikat lidah.

Daftar 10 Makanan Khas Lombok Paling Legendaris

Bagi Anda semua yang sedang berada di Lombok, berikut daftar 10 makanan khas Lombok paling legendaris yang menarik untuk dicoba.

1. Ayam Taliwang

Makanan Khas Lombok
Foto Ayam Taliwang

Ayam Taliwang adalah hidangan khas Lombok yang terkenal dengan rasa pedas khasnya. Ayam Taliwang dimasak dengan bumbu khusus, terutama bumbu kacang yang mengandung cabai, bawang merah, bawang putih, dan kemiri.

Ayam yang dimasak dengan cara ini menghasilkan cita rasa yang unik, pedas, dan gurih. Hidangan ini biasanya disajikan dengan plecing kangkung, lalapan, dan nasi putih.

Restoran dan warung ayam Taliwang tersebar di berbagai penjuru Lombok, memungkinkan wisatawan untuk menikmati kelezatan hidangan ini.

2. Plecing Kangkung

Plecing Kangkung adalah hidangan sayuran khas Lombok yang menjadi pendamping utama banyak hidangan lokal. Plecing kangkung terdiri dari kangkung yang direbus dan disajikan dengan sambal tomat pedas yang khas.

Rasanya yang segar dan pedas membuat plecing kangkung menjadi hidangan yang cocok sebagai lauk atau makanan pendamping. Hidangan ini sering dijumpai di rumah makan dan warung-warung tradisional di Lombok.

3. Beberuk Terong

Beberuk Terong adalah hidangan yang terbuat dari terong yang dihaluskan dan dicampur dengan berbagai bumbu seperti cabai, bawang merah, bawang putih, tomat, dan garam.

Campuran ini diuleg hingga halus, menciptakan hidangan yang kaya rasa dan tekstur. Beberuk terong sering dihidangkan sebagai lauk pendamping nasi atau sebagai sambal untuk hidangan utama. Kelezatan dan keunikannya membuat beberuk terong menjadi salah satu hidangan yang dicari oleh pecinta kuliner.

4. Sate Rembiga

Makanan Khas Lombok
Foto Sate Rembiga

Sate Rembiga adalah hidangan sate yang terkenal di daerah Rembiga, Lombok. Dibuat dari daging sapi yang diolah dengan bumbu rembiga khas, sate ini memiliki cita rasa yang berbeda dari sate-sate lainnya di Indonesia.

Bumbu rembiga terdiri dari kelapa parut, cabai, bawang merah, bawang putih, dan kencur. Daging sapi yang telah dipotong kecil-kecil kemudian ditusukkan ke tusuk sate, dipanggang, dan disajikan dengan nasi, plecing kangkung, dan sambal khas Lombok.

5. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung adalah hidangan nasi khas Lombok yang terdiri dari nasi putih, daging sapi suwir, plecing kangkung, dan sate tanah.

Semuanya disajikan dalam satu piring besar yang terkesan rapi dan menggugah selera. Nama “balap” berasal dari istilah dalam bahasa Sasak yang berarti menyusun. Hidangan ini mewakili kesederhanaan kuliner Lombok namun memiliki cita rasa yang kaya dan memuaskan.

6. Sate Bulayak

Sate Bulayak adalah varian sate yang khas dari Lombok. Dibuat dari daging sapi atau ayam yang dipotong kecil dan dicampur dengan bumbu rempah khas Lombok, sate ini memiliki cita rasa yang lezat dan khas.

Yang membedakan sate bulayak adalah penggunaan lidi bulayak (sejenis daun palem) sebagai tusuk sate, memberikan aroma khas pada hidangan ini. Sate bulayak biasanya disajikan dengan nasi putih dan sambal plecing kangkung.

7. Sop Ikan Campur

Sop Ikan Campur adalah hidangan sop laut khas Lombok yang menggunakan berbagai jenis ikan, kerang, dan seafood lainnya. Kuahnya yang gurih berasal dari campuran bumbu kacang, bumbu kunyit, dan santan.

Hidangan ini biasanya ditemani dengan nasi putih dan plecing kangkung. Sop Ikan Campur mencerminkan kekayaan hasil laut Lombok dan menjadi pilihan yang populer di restoran-restoran laut di pulau ini.

8. Belecing

Belecing adalah hidangan khas Lombok yang mirip dengan plecing kangkung, namun menggunakan daun singkong sebagai bahan utama.

Daun singkong direbus dan disiram dengan sambal tomat pedas yang khas, menciptakan hidangan sayuran yang segar dan pedas.

Belecing sering dihidangkan sebagai lauk pendamping atau makanan sampingan yang menyegarkan. Keunikan rasa belecing terletak pada paduan antara kelezatan daun singkong dan kepedasan sambalnya.

9. Amparan Tatak

Amparan Tatak adalah jajanan tradisional khas Lombok yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan kelapa parut dan kelapa muda.

Adonan ini kemudian dibungkus daun pisang dan dipanggang hingga matang. Hasilnya adalah kudapan manis dan lembut dengan aroma daun pisang yang khas.

Amparan Tatak sering dijual sebagai oleh-oleh khas Lombok dan dapat ditemukan di pasar tradisional dan pusat oleh-oleh di pulau ini.

10. Sate Pusut

Makanan Khas Lombok
Foto Sate Pusut

Sate Pusut adalah varian sate khas Lombok yang menggunakan daging sapi yang dipotong tipis dan melilit pada tusuk bambu.

Daging ini kemudian dibakar dan disajikan dengan bumbu kacang yang lezat. Keunikan sate pusut terletak pada penggunaan daun pisang yang digunakan sebagai alas dan pembungkus daging saat proses pemanggangan.

Hidangan ini memberikan cita rasa yang khas dan menjadi pilihan favorit di berbagai acara dan festival kuliner di Lombok.

Baca Juga : 5 Tempat Wisata di Lombok dengan Panorama Alam yang Sangat Mempesona

Kesimpulan

Lombok, dengan kekayaan kuliner yang begitu beragam, menawarkan pengalaman gastronomi yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Dari kepedasan ayam Taliwang hingga kelezatan sate bulayak, makanan khas Lombok mencerminkan keanekaragaman budaya dan alam pulau ini.

Jika Anda berkunjung ke Lombok, pastikan untuk menjajal daftar makanan khas yang telah disebutkan, dan nikmati setiap gigitan dari kelezatan kuliner yang memikat selera di pulau indah ini.

Baca Artikel Viktolia.Id yang Lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *